Mendagri: Ada Wakil Gubernur 5 Tahun Tak Diberi Tugas Mewakili Gubernur

Mendagri Tjahjo Kumolo. (foto : net)

Beritabalionline.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau kepala daerah dan wakil kepala daerah menjaga hubungan kerjasama usai terpilih. Menurut dia, persinggungan antara kepala dan wakil tentu menghambat kerja kepemimpinan.

“Kami ingatkan posisi wakil kepala daerah, wakil kepala daerah itu ya wakil, titik. Kami tidak ingin lagi, banyak daerah begitu dilantik, besoknya antara kepala daerah dan wakil bicara saja tidak. Selama 5 tahun ada wakil gubernur yang tidak pernah diberi tugas mewakili gubernur atau melaksanakan tugas-tugas lain,” kata Tjahjo di BPSDM Kemendagri, Jakarta, Senin (26/11/2018).

Dia menuturkan, pembagian tugas antara kepala daerah dan wakil tidak ada. Semua adalah tanggung jawab kepala daerah.

“Kalau kepala daerah berhalangan, baru bisa menugaskan kepada wakil. Ini yang harus dipahami. Wakil itu ya wakil,” ujar dia.

Dia menjelaskan, banyak kesulitan terjadi di daerah dikarenakan permasalahan kepala dan wakilnya tidak cocok. Padahal, harusnya mereka dapat mengerti posisi mereka saat tengah menjabat.

Menurut Tjahjo, kepala daerah dan wakilnya adalah satu. Sehingga, soal pembagian kerja jangan diatur detail.

“Ini yang harus dipahami oleh kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk diyakini bahwa begitu selesai Pilkada, ya satu. Jangan lihat dari partai mana,” tandasnya. (itn)