Polisi Sebut Kasus Habib Bahar Naik ke Tingkat Penyidikan

Habib Bahar bin Smith (foto : net)

Beritabalionline.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, laporan Cyber Indonesia terhadap tokoh FPI Habib Bahar bin Smith telah naik ke tingkat penyidikan. Diketahui, Habib Smith dipolisikan atas ceramahnya yang sempat viral menghina Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

“Untuk kasus ini sudah naik penyidikan,” katanya di Polda Metro Jaya, Rabu (5/12/2018).

Dia mengungkapkan, naiknya status ke tingkat penyidikan tersebut berdasarkan prosedur yang ada. Di mana penyidik telah memeriksa saksi-saksi dan menemukan adanya unsur pidana dalam laporan yang dibuat oleh Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid.

Argo menambahkan, pihaknya akan segera memeriksa Habib Bahar untuk dimintai keterangan sebagai saksi terlapor. Namun, dia tak menjelaskan kapan jadwal pemanggilan tersebut.

“Tentu akan kita lakukan (pemeriksaan terhadap Habib Bahar). Sedianya Kamis (6/12/2018) akan diperiksa,” ujarnya.

Sebelumnya, belakangan media sosial geger atas ceramah Bahar Bin Smith di media sosial, yang diduga menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi). Atas ceramah itu, Ketum Cyber Indonesia Muannas Alaidid mempolisikan Bahar ke Polda Metro Jaya, Rabu (28/11/2018) lalu.

Menurut Muannas, ceramah Bahar sudah tak bisa ditolerir lagi. Mengingat, ucapannya itu merendahkan kepada negara yang seharusnya dihormati.

“Ucapan Bahar mengerikan sekali kepada kepala negara. Kita harus lihat Pak Jokowi sebagai Presiden, Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, jangan hanya pada pribadi. Ini bukan kritik atau ceramah yang beradab, jika mau protes silakan tapi yah jangan melecehkan seperti itu. Tidak pantas juga orang yang disebut habib dan ulama berkata kasar penuh kebencian seperti itu,” Kata Muannas saat dikonfirmasi merdeka.com, Kamis (29/11/2018). (itn)