Sasar Wisatawan Asing, Pelaku Jambret Ditembak Polisi

Pelaku beserta barang bukti hasil kejahatan yang diamankan petugas (foto : ist)

Beritabalionline.com – Aksi kejahatan jalanan kembali dialami wisatawan asing. Seorang turis perempuan asal Brasil bernama Fernanda Moura Dos Santos (21) menjadi korban jambret di Jalan Munduk Catu, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung.
“Tas korban yang berisi iPhone 6 dan barang berharga lain dibawa kabur oleh pelaku jambret,” kata Kapolsek Kuta Utara AKP I Dewa Putu Gede Anom, Kamis (6/12/2018) di Mapolsek Kuta Utara.
Korban menuturkan, saat itu ia berjalan kaki sendirian dari Jalan Munduk Catu menuju pantai Batu Bolong, Kuta Utara, Selasa (4/12/2018) sekitar pukul 12:00 Wita. Tiba-tiba dari arah belakang datang seorang laki-laki mengendarai sepeda motor menarik tas miliknya.
Karena tasnya ditarik paksa korban jatuh ke aspal sedangkan pelaku langsung tancap gas dengan motornya. Bule yang menginap di Armadillo Guest House, Canggu, Kuta Utara ini lalu melapor ke kantor polisi.
Berbekal ciri-ciri serta jenis kendaraan yang digunakan pelaku, petugas lalu menyisir seputaran lokasi. Sekitar pukul 17:00 Wita, petugas melihat buruan melintas di Jalan Padanglinjong, Canggu dan langsung mengamankannya.
Meski awalnya berkelit, pelaku bernama I Putu Indrawan (37) akhirnya mengaku telah menjambret tas seorang bule perempuan. Saat diinterogasi, pelaku juga mengakui sebelumnya telah beraksi di 5 TKP berbeda di wilayah Kuta Utara.
Namun karena berusaha kabur saat diajak menunjukkan lokasi-lokasi tempatnya beraksi, tim Opsnal Reskrim Polsek Kuta Utara terpaksa mengambil tindakan tegas dengan menembak betis kaki kanan tersangka.
“Pelaku beraksi seorang diri dan sasarannya rata-rata wisatawan asing. Barang bukti yang turut kami amankan ada handphone, uang, tas, kartu ATM yang diduga milik para korban, serta barang-barang lainnya,” kata Kanit Reskrim Iptu Androyuan Elim saat mendampingi Kapolsek. (agw)