Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Propam Polda Bali Tes Urine Anggota Brimob Mengwi

Anggota Sat Brimob Polda Bali Batalyon B Pelopor Mengwi saat mengikuti tes urine. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Puluhan anggota Sat Brimob Polda Bali Batalyon B Pelopor Mengwi dites urine oleh Bid Propam Polda Bali. Tes urine terhadap perwira, bintara dan tamtama Brimob digelar bekerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar.

“Tes urine terhadap 84 personel ini kami lakukan untuk mencegah agar tidak ada personel yang terkontaminasi menggunakan narkoba,” kata Kasubbid Provos Bid Propam Polda Bali AKBP Anak Agung Gede Rai Laba, Kamis (10/1/2019) di Mako Batalyon B Pelopor Satbrimobda Bali Mengwi, Badung.

Dari hasil tes urine, salah satu anggota Brimob dinyatakan positif. Temuan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh petugas Bid Propam Polda Bali dengan mengambil sample darah anggota tersebut untuk dibawa ke Labfor Denpasar.

Hasil pemeriksan darah di Labfor baru bisa diketahui apakah anggota itu mengkonsumsi narkoba atau karena minum obat dari dokter.

“Belum bisa dipastikan anggota tersebut positif mengkonsumsi narkoba atau karena pengaruh obat dari dokter. Kita masih menunggu hasil pemeriksaan Labfor,” terangnya didampingi Kanit Hartib II, AKP Ni Luh Suryawati.

AKBP Rai Laba melanjutkan, selain tes urine, Bid Propam Polda Bali juga melaksanakan Penegakan dan Penertiban Disiplin (Gaktibplin).

“Sasaran Gaktibplin yakni memeriksa surat kelengkapan data diri, sikap tampang, surat kelengkapan kendaraan bermotor, gampol, surat ijin senpi, penyalahgunaan narkoba dan penyalahgunaan wewenang,” jelas Laba. (agw)