Denpasar Masuk 10 Kota Tersehat di Dunia

Yoga massal yang diikuti guru-guru dan para pelajar se-Kota Denpasar. (foto : ist)

Beritabalionline.com –  Kota Denpasar menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam urutan kesembilan dalam 10 kota tersehat di dunia.  Hal ini berdasarkan penilaian dari berbagai aspek yang dilakukan Travel Supermarket.

Berikut daftar 10 besar kota tersehat menurut Travel Supermarket urutan satu di tempati Paris, Prancis, posisi kedua Chiang Mai, Thailand, posisi ketiga Barcelona, Spanyol, posisi keempat Pattaya, Thailand, posisi kelima Vancouver, Aanada, posisi keenam Miami, AS, posisi ketujuh San Francisco, UAS, posisi delapan Lisbon, Portugal, posisi sembilan Denpasar Indonesia, dan posisi sepuluh Buenos Aires, Argentina.

Dalam menyusun daftar rangking ini, Travel Supermarket memanfaatkan beragam sumber data seperti kelompok peneliti pasar Euromonitor International, TripAdvisor, Yelp hingga World Weather and Climate. Travel Supermarket juga memiliki beberapa aspek penilaian sebagai tolak ukur kesehatan dalam sebuah kota. Beberapa aspek yang menjadi penilaian adalah jumlah taman atau ruang terbuka hijau, gym dan pusat kebugaran.

Selain itu, Travel Supermarket juga menilai jumlah spa, studio yoga dan studio pilates yang terdapat pada kota yang dinilai. Tak hanya itu, makanan juga menjadi aspek penilaian penting dalam menyusun daftar 10 kota tersehat di dunia ini. Terkait makanan, Travel Supermarket menilai jumlah toko makanan sehat dan restoran dengan opsi vegan di tiap kota.

Olah raga sepeda sehat yang diikuti komunitas sepda gayung di Kota Denpasar. (foto :ist)

Travel Supermarket lalu membandingkan data tersebut dengan ukuran luas kota untuk mengetahui angka densitas per kilometer persegi. Tak hanya itu, tim analis juga memperhitungkan jumlah paparan matahari per tahun dan rerata harga untuk menginap di hotel.

Setelah melakukan beragam analisis data, Travel Supermarket membuat daftar 50 kota tersehat di dunia. Dari seluruh kota yang ada, Paris berhasil memuncaki peringkat teratas.

Prestasi Kota Denpasar ini mendapat apresiasi dari Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab, Kamis (10/1/2019) di Denpasar. Dikatakan bahwa ini merupakan capaian yang membanggakan, tidak saja bagi pemerintahan kota, tetapi juga bagi publik Denpasar banhkan kebanggan Indonesia.

Capaian ini tentu tidak bisa terlepas dari kerja keras pemerintahan kota Denpasar yang terus menerus menata kotanya agar memberikan rasa nyaman kepada publiknya, terutama inovasi-inovasi kultural yang dihasilkan telah ikut menyehatkan publiknya seperti penataan taman kota dan sungai yang mengalir di tengah kota.

Disamping pengembangan orange ekonomi bertumpu pada kreativitas publik menghasilkan suasana yang merangsang kegairahan hidup di tengah kota yang terus berkembang, demikian Umar Ibnu. (tra)