Polisi Tangkap Pemilik Akun Facebook Tuduh Jokowi PKI

Brigjen Dedi Prasetyo. (foto : Liputan6.com)

Beritabalionline.com – Dittipid Siber Bareskrim Polri menangkap pemilik akun media sosialFacebook yang menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah PKI.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, pelaku berinisial EY (25) diringkus pada Selasa 7 Mei 2019. Dia juga diduga menggunakan akun Facebook dengan nama Egiet Yusatanagi untuk menyebarkan sejumlah berita bohong atau hoaks.

“Kepolisian mendapatkan informasi terkait beredarnya konten penghinaan terhadap Presiden dan berita-berita bohong,” tutur Dedi dalam keterangannya, Kamis (9/10/2019), dilansir merdeka.com.

“Seperti berita yang menuduh bahwa Jokowi adalah PKI dan berita bohong tentang matinya saksi Prabowo-Sandi karena dibacok di PPK Amalatu. Konten-konten tersebut tersangka unggah sendiri pada halaman akun media sosial Facebook dan Instagram miliknya,” lanjutnya.

Tersangka EY sendiri diringkus di kediaman orang tuanya, Tangerang, Banten. “Dari hasil interogerasi sementara, yang bersangkutan mendapatkan konten-konten tersebut dari portal berita maupun kiriman chat Whatsapp dan yang bersangkutan memposting ulang di halaman akun media sosialnya,” jelas Dedi.

Atas perbuatannya, tersangka EY dikenakan Pasal 14 ayat (1) dan (2) dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 dan atau Pasal 207 KUHP. (itn)