Gianyar Canangkan Bulan Bakti Gotong Royong

Bhakti sosial penanaman pohon dalam Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 tahun 2019 tingkat Kabupaten Gianyar.(foto: yesi0.

Beritabalionline.com – Kabupaten Gianyar mencanangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM). Di 2019 ini merupakan kegiatan BBGRM ke-16.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gianyar, Wayan Suardana, mengatakan, kegiatan tersebut untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong di tengah masyarakat. Akhir-akhir ini, semangat tersebut secara perlahan terkikis oleh perubahan zaman.

Era globalisasi, selain berefek positif, juga berdampak negatif. Salah satu hanb terlihat adalah, timbulnya sifat individualisme di tengah masyarakat. Hal tersebut sangat rentan menggerus budaya gotong royong, yang sudah diwarisi secara turun temurun. ”BBGRM merupakan momentum tepat untuk menjaga semangat gotong royong,” ucap Suardana, pada pencanangan BBGRM ke-16, di Wantilan Pura Dalem Tengaling Desa Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Sabtu (18/5/2019).

Suardana berharap, seluruh lapisan masyarakat berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Hasil akhirnya, masyarakat terlibat aktif dalam berbagai bidang, untuk persatuan dan kesatuan.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gianyar, Dewa Ngakan Adi, mengatakan, kegiatan BBGRM dicanangkan selama sebulan penuh di Mei 2019. Seluruh desa diimbau melaksanakan gotong royong massal, sinkronisasi dan harmonisasi hatinya PKK di desa binaan oleh TP PKK Kabupaten Gianyar.

Kegiatan di lokasi BBGRM ada pameran UP2K PKK Desa se-Kecamatan Blahbatuh, pelayanan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan Gianyar, pelayanan KTP dan KIA dari Disdukcapil, dan penanaman pohon kelapa daksina serta pemberian bantuan bibit kelapa daksina dari Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar. “Selain itu ada juga sumbangan bingkisan sembako dari Dinsos, kursi roda dari K3S, penyerahan perlengkapan sekolah untuk anak SD dari Disdik, program bedah rumah dari Dinas Permukiman dan Pertanahan, serta penyerahan hadiah kepada para juara lomba desa,” papar Dewa Adi.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, mengatakan, penanaman pohon kelapa daksina dimaksudkan sebagai sarana upacara orang Hindu Bali. Nantinya akan disebar ratusan bibit kelapa daksina di seluruh Kecamatan di Kabupaten Gianyar.

Diharapkan krama tidak bingung lagi memperoleh kelapa daksina yang menjadi salah satu sarana utama upacara. “Saya harap, semangat gotong royong dapat terjaga untuk generasi mendatang. Karena ini merupakan ciri khas kita hidup di Bali secara khusus, dan Indonesia pada umumnya. Jangan sampai perubahan zaman membuat kita menjadi apatis untuk saling membantu satu sama lain,” pungkas Dayu Surya.(yes)