Bupati Eka: Semangat Harkitnas Tetap Ampuh untuk Menyatukan Bangsa

Wabup Sanjaya menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Harkitnas ke 111 Tahun 2019 di Pemkab Tabanan. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kabupaten Tabanan memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111 tahun 2019 yang jatuh setiap tanggal 20 Mei, Senin (20/5/2019) di lapangan Alit Saputra Tabanan. Selaku Inspektur Upacara, Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Sekretaris Daerah Tabanan I Gede Susila,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tabanan, Kepala Perangkat Daerah, ASN Tabanan serta para pelajar.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan yang dibacakan Wabup Sanjaya antara lain, mengatakan bahwa semangat kebangkitan nasional yang tercetus 111 tahun lalu ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo.

“Sampai sekarang Harkitnas tetap ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa, memiliki semangat jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Sejarah membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja sudah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama yaitu kemerdekaan Bangsa,” ujar Bupati Eka.

Pementasan pragmentari kolosal “Dharmaning Ksatria” semarakkan Peringatan Harkitnas di Tabanan.

Sementara Wabup Sanjaya mengatakan, peringatan Harkitnas kali ini dilangsungkan dalam suasana Bulan Ramadhan. “Bulan suci yang menuntun kita mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan seperti permusuhan , kebencian apa lagi menyebar kebohongan dan fitnah. Sehingga relevan apabila Harkitnas disematkan dengan tema ‘bangkit untuk bersatu’,” ucapnya.

Hal ini, lanjut Sanjaya, harus dimaknai dengan  kemajemukan bahasa, suku, agama dan kebudayaan  yang dimiliki bangsa ini, sehingga dapat di buktikan sampai saat ini masih mampu menjaga persatuan dan kesatuan yang Berbhineka Tunggal Ika.

Selanjutnya, melalui memontum peringatan Harkitnas, Wabup Sanjaya mengajak sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan ini dengan memperbaharui semangat gotong royong dan kolaborasi sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa bangsa ini menuju kejayaan di pentas global. Disamping terwujudnya Tabanan yang “Serasi” (Sejahtera, aman dan berprestasi).

Apel Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Tabanan juga disemarakkan dengan pementasan pragmentari kolosal  dengan judul “Dharmaning Ksatria”.  Fragmentari ini dipersembahkan oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Kerambitan. (tra)