Bupati Artha Serahkan Bedah Rumah Bantuan Bumdes

Bupati Jembrana I Putu Artha yang ditandai dengan pemotongan pita dan penyerahan kunci kepada penerima manfaat.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Sebanyak 6 unit bantuan bedah rumah yang dikelola Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) kecamatan Melaya, Jumat (31/5/2019) diresmikan sekaligus diserahkan oleh Bupati Jembrana I Putu Artha yang ditandai dengan pemotongan pita dan penyerahan kunci kepada penerima manfaat.
Peresmian tersebut dipusatkan di rumah penerima manfaat, I Putu Suartika banjar Puseh, desa Tuwed kecamatan Melaya. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian sembako kepada 30 orang KK miskin di kecamatan Melaya. Hadir pula ketua BKAD kecamatan Melaya , I Wayan Ardana, para pimpinan OPD, Camat Melaya Putu Gede Oka Santika, serta para perbekel se-kecamatan Melaya.
Ketua BKAD Melaya, I Wayan Ardana mengatakan, bantuan bedah rumah yang diserahkan bersumber dari dana bansos SHU UPK tahun anggaran 2018. “Tahun ini kita mampu memberikan bantuan bedah rumah kepada keluarga kurang mampu sebanyak 6 KK di 6 desa diantaranya, desa Blimbingsari, desa Ekasari, desa Candikusuma, desa Tuwed, desa Tukadaya dan desa Manistutu, “ujar Ardana.
Ia juga menambahkan, program bedah rumah oleh BKAD, mengalokasikan dana bansos sebesar Rp.203.440.000 dengan nilai per unit bedah rumahnya senilai Rp.30jt. “Bantuan bedah rumah yang diserahkan, diberikan kepada KK miskin yang masuk dalam daftar buku merah. Pembangunan bedah rumah dilakukan dengan sistem swakelola dengan ditambah swadaya dari penerima manfaat sesuai dengan besaran rumah yang diinginkan,”imbuhnya.
Sementara Bupati Jembrana I Putu Artha sangat mengapresiasi dengan upaya yang dilakukan BKAD untuk memberikan perhatian kepada warga kurang mampu di kecamatan Melaya. “Kami sangat berterima kasih kepada BKAD. Melalui bansos SHU UPK telah berhasil menyisihkan pendapatannya untuk disalurkan kepada keluarga kurang mampu  melalui bedah rumah, “kata Artha.
Bupati Artha berharap, kedepan bantuan bedah rumah BKAD bisa terus dilakukan dan ditingkatkan. “Saya berharap bantuan bedah rumah ini bisa terus berlanjut dan bisa ditingkatkan lagi kedepannya. Bagi penerima manfaat, semoga bantuan berupa bedah rumah yang diberikan ini bisa meningkatkan ekonomi dan dapat dimanfaatkan sebaik – baiknya bagi penerima,”pungkasnya.(arz)