Tiga Hari Kedepan, Tinggi Gelombang Laut Perairan Bali Capai 4 Meter

Gelombang tinggi. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini akan bahaya gelombang tinggi yang diprediksi terjadi di wilayah perairan Bali dan NTB.

“Tinggi gelombang laut mencapai 2 hingga 4 meter berlangsung di selat Bali bagian selatan, selat Badung, perairan selatan Bali seperti Nusa Dua, Pecatu, Ungasan dan perairan selatan Nusa Penida,” kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Mohamad Taufik Gunawan, Selasa (11/6/2019) di Denpasar.

Untuk Samudera Hindia Selatan Bali hingga NTB, tinggi gelombang bahkan mencapai 3 sampai dengan 5 meter. Kondisi ini diprakirakan berlangsung selama tiga hari, 11-13 Juni 2019.

Dikatakan, gelombang tinggi berdampak dengan terganggunya kegiatan para nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar, serta terhadap aktivitas di pelabuhan seperti bongkar muat barang.

“Kegiatan di pesisir, petani garam, serta perikanan juga ikut terganggu,” terang Gunawan.

BMKG mengimbau kepada para nelayan maupun perusahaan pelayaran yang melakukan aktivitas di lokasi dimaksud untuk lebih mempertimbangkan kondisi cuaca sebelum melakukan aktivitas.

“Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap waspada,” ucap Taufik Gunawan. (agw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *