Pengurus Forum Perbekel Gianyar Dipanggil Penyidik Polda Bali Terkait Pengadaan Mobil Xpander

Mobil Xpander.

Beritabalionline.com – Penyidik Subdit III Tipikor Direktorat Reskrimsus Polda Bali dikabarkan memanggil tiga orang untuk dimintai klarifikasi terkait pengadaan mobil Xpander serta sepeda motor untuk operasional pemerintah desa dan BPD se-Desa Gianyar.

Tiga orang tersebut yakni Ketua Forum Perbekel Gianyar (FPG), I Gusti Nyoman Gede Susila, Wakil Ketua dan Sekretaris FKPG.

“Ada tiga yang diperiksa tadi pagi, Ketua Forum, Wakil Ketua dan Sekretaris. Pemeriksaan seputar perencanaan penggangaran pelaksanaan pengadaan mobil Xpander. Penyidik juga meminta salinan dokumen terkait pengadaan kendaraan roda empat dan roda dua tersebut,” kata sumber yang tak mau ditulis jati dirinya, di Denpasar,  Senin (17/6/2019).

Informasi di lapangan yang berhasil dirangkum menjelaskan, anggaran pembelian 63 mobil Xpander dan kendaraan roda dua itu berasal dari Bagi Hasil Pajak (BHP) tahun 2019. Untuk satu unit mobil tersebut diperoleh harga Rp243,5 juta.

Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Ida Putu Wedana Jati ketika dikonfirmasi membenarkan pihaknya memanggil I Gusti Nyoman Gede Susila.

Disinggung pemanggilan terkait adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam pembelian kendaraan tersebut, Wedana Jati mengatakan pemanggilan hanya sebatas klarifikasi dan pengumpulan dokumen-dokumen.

“Hanya klarifikasi saja. Saya masih ada pelatihan jadi belum sempat ke kantor. Belum tau soal pemeriksaan,” ucapnya melalui sambungan telepon. (agw)