Terseret Arus saat Main Paddle Board, Wisatawan Amerika Hilang di Nusa Lembongan

Tim SAR melakukan pencarian WNA asal Amerika Serikat yang hilang di perairan Nusa Lembongan. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Wisatawan asing asal Amerika Serikat bernama Aviv Meshil (23) dikabarkan hilang setelah terbawa arus di perairan Musroom Bay Beach, Pulau Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung.

“Korban diduga terseret arus saat bermain paddle board (berdiri diatas papan surfing yang besar sambil mendayung),” terang Kepala Kantor Basarnas Denpasar Hari Adi Purnomo, Selasa (18/6/2019) di Denpasar.

Adi Purnomo menjelaskan, dari keterangan pemilik penyewaan papan surfing, korban saat itu datang untuk menyewa papan surfing, Senin (17/6/2019) sekitar pukul 14.30 Wita. Diduga terlalu asik, korban tidak sadar telah bermain paddle board hingga ke tengah laut.

Korban dilaporkan ke pihak berwenang karena hingga sore hari belum ada kembali ke pinggir pantai. Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Denpasar kemudian mengerahkan 6 personel ke lokasi yang diduga tempat korban terbawa arus.

“Personel melakukan pencarian dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB). Jika ditarik garis lurus dengan radial 70 derajat arah timur laut, maka jaraknya dari Pelabuhan Benoa yakni 17 NM (Nautical Mile),” ucap Kepala Basarnas.

Karena kondisi gelap, Senin (17/6/2019) sekitar pukul 19.00 Wita upaya pencarian dihentikan sementara. Hari ini atau hari kedua operasi SAR, Basarnas menambah personel dan satu unit RIB dari Pelabuhan Benoa untuk mencari korban.

Selain itu, Basarnas juga berkoordinasi dengan kapal Samudra Indah 29 yang kebetulan melintas agar memberikan informasi jika menemukan tanda-tanda keberadaan korban.

“Pantauan tim di lapangan bahwa ada banyak terlihat kapal-kapal nelayan di sekitar area pencarian dan semoga itu bisa membantu proses pencarian. Kondisi arus pun cukup mendukung, berkisar satu hingga dua meter,” kata Hari Adi Purnomo. (agw)