Gempa Bermagnitudo 5.5 Kembali Guncang Ternate Maluku Utara, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bolius.

Beritabalionline.com – Germpa bermagnitudo 5.5 kembali mengguncang Ternate dan Maluku Utara. Gempa terjadi sekitar pukul 13.20 WIB. Informasi dari BMKG, pusat gempa terjadi di laut dengan kedalaman 141 kilometer sebelah barat daya Ternate.

Lokasi gempa terletak pada koordinat 0.50 lintang utara dan 126.12 bujur timur. Tidak seperti Minggu (7/7/2018) malam, gempa kali ini tidak menimbulkan potensi tsunami.

Belum ada laporan terkait kerugian material ataupun korban jiwa akibat gempa ini. Namun, gempa terasa hingga Manado.

Sebelumnya BMKG mengumumkan gempa bumi di Maluku Utara tersebut berkekuatan M=7,1 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=7,0.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,53 LU dan 126,18 BT, atau tepatnya berlokasi di dasar laut pada kedalaman 49 km pada jarak 133 km arah barat Kota Ternate, Propinsi Maluku Utara.

BMKG menilai gempa bumi yang terjadi di Ternate, Maluku Utara pada Minggu (7/7/2019) malam merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat deformasi kerak bumi pada lempeng Laut Maluku.

Menurut BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat deformasi kerak bumi pada lempeng Laut Maluku.

Gempa tersebut memiliki mekanisme sesar naik atau thrust fault akibat adanya tekanan atau kompresi lempeng mikro Halmahera ke arah barat, dan tekanan lempeng mikro Sangihe ke arah timur.

Akibatnya menurut dia, lempeng laut maluku terjepit hingga membentuk double subduction ke bawah Halmahera dan ke bawah Sangihe. (itn)