Gubernur Koster Apresiasi Kinerja Polda Bali

Gubernur Wayan Koster (empat dari kanan) saat menghadiri peringatan HUT ke-73 Bhayangkara tingkat Provinsi Bali. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Gubernur Bali Wayan Koster menghadiri peringatan HUT ke-73 Bhayangkara tingkat Provinsi Bali yang berlangsung di Lapangan Puputan Margarana Monumen Bajra Sandi, Renon, Denpasar, Rabu (10/7/2019).

Ditemui wartawan usai apel, Gubernur Koster menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Kepolisian Daerah Bali yang selama ini sudah menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, khususnya pada event-event penting yang dihelat di Pulau Dewata.

Menurut Koster, selama menjabat Gubernur yang sudah berjalan selama sepuluh bulan, apa yang dilaksanakan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat Bali, sudah merupakan prestasi luar biasa.

Indikatornya, antara lain terlaksananya beberapa kegiatan nasional dan internasional yang berjalan dengan lancar. “Ukuran terbesarnya adalah terlaksananya pertemuan IMF dan Bank Dunia tempo hari yang terlaksana dengan sangat baik,” kata Gubernur yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali.

Mantan anggota DPR RI ini mengaku tidak meragukan lagi kinerja Kepolisian RI yang melaksanakan tugas dengan standar dan kualitas yang sangat baik.

Sebelumnya dalam amanat yang dibacakan Irjen Pol Petrus R Golose, Presiden RI Joko Widodo juga menyampaikan apresiasinya terhadap Polri yang telah bekerja menjaga keamanan dan ketertiban nasional.

Menurut Presiden Jokowi, Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah, yaitu Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

Ia menambahkan, Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019, sehingga semuanya berjalan dengan aman, damai dan demokratis.

Pada peringatan ini, Presiden memberikan lima instruksi kepada Polri. Yang pertama, Presiden berpesan agar Polri terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks.

Kedua, Presiden meminta Polri terus mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis. “Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat,” kata Jokowi.

Keempat, Presiden Jokowi juga meminta Polri terus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat.  “Terakhir, perkuat koordinasi dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial,” kata Jokowi.

Peringatan HUT ke-73 Bhayangkara di Provinsi Bali disemarakkan dengan parade defile yang diikuti berbagai kesatuan kepolisian maupun TNI. Tampak hadir pula anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali. (sut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *