Polda Bali Ringkus Warga Asal Bulgaria Pelaku Skimming

Warga asal Bulgaria, pelaku skimming diamankan petugas. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Untuk kesekian kalinya Ditreskrimum Polda Bali mengungkap kasus pencurian data nasabah bank (skimming) dengan pelaku warga negara asing (WNA). Kali ini petugas meringkus Krasimir Stoykov alias Stoykov, WNA asal Bulgaria.

“Pelaku kita amankan saat tengah beraksi di salah satu mesin ATM di daerah Kuta,” terang Direktur Ditreskrimum Polda Bali Kombes Pol. Andi Fairan ketika dikonfirmasi, Rabu (10/7/2019).

Sebelumnya Polda Bali memperoleh informasi dari pihak Bank Mandiri bahwa di ATM Bank Mandiri di Jalan Kunti, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung terpasang alat skimming berupa router lengkap dengan flasdisk dan hidden camera.

Berdasarkan informasi tersebut, Selasa (9/7/2019) sekitar pukul 04.00 WITA anggota Resmob Ditreskrimum Polda Bali bersama pegawai Bank Mandiri melakukan pemantauan di seputaran lokasi.

Berselang satu jam, seorang pria asing datang dengan mengendarai sepeda motor sendirian. Petugas membiarkan bule tersebut masuk ke dalam mesin ATM. Bahkan petugas juga membiarkan saat bule ini mengambil sebuah alat yang ia pasang ditutup tombol mesin ATM.

“Setelah pelaku keluar dari ATM, anggota yang sedari awal mengawasi kemudian menangkapnya,” ucap Kombes Andi Fairan.

Dari tangan pelaku petugas menemukan barang bukti berupa sebuah router lengkap dengan flesdisk. Untuk pengembangan, bule yang tangannya dipenuhi dengan tato ini digelandang ke rumah kontrakannya di seputaran Kuta.

Ketika melakukan penggeledahan, petugas kembali menemukan sebuah heiden camera, 26 buah kartu putih, besi tipis untuk mencongkel alat, gunting, plaster, pasport milik pelaku, dompet berisi uang Rp2,9 juta, serta barang-barang lain.

“Modus pelaku yaitu memasang alat skiming berupa router dilengkapi dengan flasdisk dan heiden camera untuk mengambil data. Pelaku beserta barang bukti langsung dibawa ke Polda Bali untuk proses lebih lanjut,” jelas Dirkrimum Andi Fairan. (agw)