Rumah di Jalan Ratna Denpasar Terbakar, Warga Panik Dengar Suara Ledakan

Petugas pemadam berusaha memadamkan api. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Warga Jalan Ratna gang Mawar, Denpasar Timur, terlihat panik ketika rumah nomor 44 yang dihuni Wayan Suka (75) dan keluarganya terbakar. Pasalnya, saat kebakaran berlangsung sempat terdengar beberapakali suara ledakan.

“Saat kebakaran sempat terdengar empat kali bunyi ledakan dari dalam rumah,” terang petugas di lapangan, Rabu (10/7/2019).

Penyebab kebakaran diduga berasal dari dupa yang masih menyala usai digunakan sembahyang oleh keluarga korban. Api dari dupa tertiup angin dan menyambar tabung gas lantaran posisi Pura tempat sembahyang dekat dengan gudang penyimpanan tabung gas.

“Disana banyak tabung gas karena anak korban, Made Manu Santosa (42) sehari-harinya berjualan gas elpiji,” terang petugas.

Kepada petugas tetangga korban bernama Wayan Sukadana (42) menuturkan, saat tengah berada di dalam rumah, Rabu (10/7/2019) sekitar pukul 10.00 WITA, saksi mendengar teriakan minta tolong. Saksi lalu keluar rumah dan melihat api di rumah korban.

Saksi bersama warga lainnya kemudian memberanikan diri masuk ke dalam rumah korban dan menyelamatkan Wayan Suka yang tidak bisa bangun karena menderita lumpuh akibat stroke. Naas, api sempat mengenai wajah istri korban bernama Nyoman Puji (75). Wanita paruh baya itu lalu dilarikan ke RS Puri Raharja Denpasar.

Tak berselang lama, tujuh unit mobil pemadam kebakaran BPBD Kota Denpasar tiba di TKP. Angin kencang sempat membuat petugas pemadam kerepotan melakukan pemadaman. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.30 WITA.

“Total kerugian belum diketahui. Barang-barang di dalam rumah yang terbakar seperti peralatan elektronik, perhiasan, surat-surat penting serta 12 tabung gas,” kata Kapolsek Denpasar Timur I Nyoman Karang Adiputra ketika dikonfirmasi terpisah. (agw)