Disdukcapil Tabanan Siap Beri Layanan Antar Dokumen ke Rumah

Disdukcapil Tabanan mengantarkan dokumen kependudukan sampai ke rumah pemohon via pos.(foto: ist)

Beritabalionline.com –  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tabanan yang menyiapkan program baru.

Meski program ini belum dilaunching secra resmi, namun sudah mulai diberlakukan di Disdukcapil. Disdukcapil akan melayani pembuatan berbagai jenis administrasi kependudukan dan catatan sipil seperti KTP, KK, KIA, akte perkawinan, akte kematian maupun akte kelahiran yang semuanya berbasis elektronik. Selain masyarakat bisa datang langsung mengurus ke kantor Disdukcapil Tabanan juga bisa mendaftar melalui aplikasi android yang sudah disiapkan. Dengan demikian masyarakat tidak harus berlama-lama berada di kantor Disdukcapil .

Kini Disdukcapil kembali mencoba memberikan kemudahan dalam pelayanan administrasi kependudukan. Masyarakat yang sudah mengurus ke Disdukcapil baik secara manual maupun aplikasi android tidak harus menunggu lama di kantor Disdukcapil. Petugas memproses seluruhnya dengan cepat selama blanko tersedia (khususnya e-KTP dan KIA). Nanti setelah selesai, maka administrasi kependudukan tersebut akan diantar ke rumah yang bersangkutan via pos. “Ini layanan berlaku untuk seluruh Tabanan,” ungkap Kadisdukcapil Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana, Rabu (10/7).

Dalam memberikan layanan antar dokumen kependudukan ini, pihaknya bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Waktu layanan pengantaran berkisar satu sampai empat hari, tergantung jarak yang harus ditempuh. Untuk bisa mendapatkan layanan ini masyarakat dikenakan biaya sebesar Rp 11.500.

”Layanan ini kami berikan untuk memudahkan bagi masyarakat mendapatkan layanan, terutama mereka yang jauh dari kota, tidak harus datang , apalagi dengan kesibukan yang dimiliki, tinggal tunggu di rumah,” jelasnya.

Diakui, program ini mendapat respon bagus dimasyarakat. Terutama mereka yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengurus serta mereka yang rumahnya jauh dari kota. Mereka tidak perlu berlama-lama menunggu di Disdukcapil. Mereka cukup menunggu di rumah dokumen kependudukan akan di antar ke rumah masing-masing dengan kewajiban.

”Kami berusaha memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih baik kepada masyarakat. Sekarang masih uji coba, nanti awal Agustus sebelum 17 Agustus akan kami launching di Gedung Kesenian I Ketut Maria,” pungkasnya.(yza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *