Terima Paket Biji Ganja dari Jerman, Pria Asal Sumatera Huni Sel Polda Bali

Pelaku penerima isi paket biji ganja dari Jerman. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pria berinisial VPT (43) ditangkap petugas Bea Cukai Ngurah Rai saat hendak mengambil paket narkoba di Kantor Pos Besar Renon, Denpasar. Paket tersebut dikirim dari Jerman oleh seseorang yang belum diketahui identitasnya.

“Narkoba yang dikirim berupa biji ganja yang dimasukkan ke dalam plastik klip,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai Himawan Indarjono, Sabtu (20/7/2019) di Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Tuban, Badung.

Terungkapnya kasus berawal dari kecurigaan petugas Pos Besar Renon dengan sebuah paket bernomor karal LC1000580199 yang dikirim dari Jerman, Kamis (4/7/2019). Pihak Pos Renon kemudian berkoordinasi dengan Bea Cukai Ngurah Rai.

Dari hasil pemeriksaan menggunakan pencitaan X-Ray, terlihat benda mencurigakan dari dalam isi paket. Saat bungkus paketi dibuka, ditemukan sebuah plastik klip bening berisi 4 biji tanaman. Berdasarkan hasil uji laboratorium, diketahui benda tersebut biji narkotika jenis ganja.

Bea Cukai Ngurah Rai kemudian menghubungi Ditresnarkoba Polda Bali untuk melakukan upaya control delivery guna mengungkap identitas penerima barang. Upaya petugas membuahkan hasil, VPT akhirnya ditangkap saat hendak mengambil paket di Kantor Pos Renon.

Untuk proses hukum lebih lanjut, pelaku diserahkan ke Polda Bali. Kepada petugas, pria asal Sumatera Selatan (Sumsel) ini mengaku biji ganja tersebut rencananya ditanam sendiri.

“Pengakuan seperti itu, mau ditanam sendiri. Kita sedang selidiki pengirim barang,” ucap Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Bali AKBP Deby Asri Nugroho. (agw)