Wabup Sedana Arta Pimpin Bhakti Penganyar di Pura Mandara Giri Semeru Agung

upacara Tawur Labuh Gentuh di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Lumajang Jawa Timur.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, didampingi Ny. Sariasih Sedana Arta, memimpin pelaksanaan bhakti penganyar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli, serangkaian upacara Tawur Labuh Gentuh di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Lumajang Jawa Timur, Kamis (18/7).
Pelaksanaan bhakti penganyar juga dihadiri oleh pengurus PHDI Kabupaten Bangli, pimpinan OPD dan sejumlah staf dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli. Napak juga hadir dalam bhakti pengayar Pemkab Bangli, Wakil Gubernur BaliTjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace).
Wabup Sedana Artha pada kesempatan itu mengatakan,  bakti penganyar merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, sebagai wujud bhakti kehadapan Ida Bharata Bhatari yang berstana di Pura Mandhara Giri Semeru Agung. Pada kesempatan itu, Wabup Sedana Arta juga menyampaikan rasa bangganya terhadap keberadaan Pura Mandara Giri, mengingat pura ini memiliki peranan penting terhadap perjalanan umat Hindu di Bali dan Nusantara.
“Bhakti penganyar merupakan wujud dari bakti kita kepada sesuhunan yang berstana di Pura Semeru Agung, Lumajang,”kata Wabup Sedana Arta, sembari menambahkan, melalui bhakti penganyar ini, ia berharap Ida Bhatara memberikan keselamatan dan perlindungan untuk semua.
“Hari saya memimpin langsung pelaksanaan bhakti penganyar Pemkab Bangli di Pura Mandhara Giri Semeru Agung. Melalui pelaksanaan bhakti penganyar ini, tentu kita berharap, Ida Bhatara memberikan tuntunan dan sinar sucinya, sehingga kita semua diberikan keselamatan dan kesejahteraan”harapnya.
Pada kesempatan itu, Wabup asal Desa Sulahan, Susut ini juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada penglingsir dan pengempon Pura Mandhara Giri Semeru Agung ,yang sudah mengabdikan diri untuk menjaga dan merawat keberadaan serta kesucian pura. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangli dan pribadi, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh tokoh dan umat hindu yang sudah menjaga pura ini dengan baik”terangnya.
Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kabupaten Bangli Jro Penyarikan Widata mengatakan, bhakti pengayar Pemkab Bangli di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, dipuput oleh Ida Pedanda Gede Jelantik Putra Manuaba, dari Gria Manuaba, Nyanggelan, Tembuku Bangli. Adapun bhakti yang dihaturkan, diantaranya bebangkit, pangelukatan, sorohan dan upakara penegep penganyar lainnya. Adapun puncak karya, Jelas dia, sudah dilaksanakan pada Anggara Paing Sungsang, Selasa (16/7) lalu. Sedangkan Ida Bhatara mesineb pada Sukra Paing Dunggulan, Jumat (26/7) mendatang.
Sementara itu, perwakilan PHDI Lumajang Teguh Widodo  pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli dan seluruh umat sedharma se-nusantara, karena sudah berpartisipasi ngaturang bhakti kehadapan Ida Bhatara yang berstana di Pura Mandhara Giri Semeru Agung.
“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh umat hindu sedharma, semogga melalui yadnya ini, Ida Bhatara memberikan keselamatan dan kesejahteraan untuk kita semua”harapnya.(riz)