Komisi V DPR RI Tinjau Lokasi Rencana Pengembangan Pelabuhan di Pantai Matahari Terbit, Sanur

Wakil Wali Kota Jaya Negara bersama anggota Komisi V DPR RI saat tinjau lokasi perencanaan pengembangan pelabuhan di Pantai Matahari Terbit, Sanur. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Komisi V DPR RI bersama Kementerian Perhubungan RI meninjau rencana pengembangan pelabuhan Sanur, di Pantai Matahari Terbit Sanur, Senin (5/8/2019). Kunjungan Komisi V DPR RI ini dipimpin langsung Ketua Tim, Lasarus bersama 34 anggota DPR  RI  di sambut Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara,  Dinas Perhubungan Provinsi Bali, beserta OPD terkait.

Lasarus mengatakan, peninjauan ini dilakukan guna mengetahui dari dekat terkait penanganan sarana dan prasarana infrastruktur rencana pembangunan pelabuhan di Sanur. Utamanya terkait dengan aksebilitas masyarakat maupun wisatawan.

Dijelaskan, tujuan kunjungan kerja ini adalah dalam rangka melaksanakan fungsi dan tugas DPR RI khususnya terkait fungsi anggaran dan fungsi pengawasan, sesuai ketentuan pasal 59 ayat 3 huruf f tata tertib DPR RI.

Selanjutnya hasil kunjungan kerja ini nanti di laporkan ke dalam rapat komisi dan dijadikan bahan pembahasan dalam rapat kerja dengan seluruh mitra kerja Komisi V DPR RI untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Saya selaku Ketua Komisi V beserta anggota mendukung penuh perencanaan pengembangan Pelabuhan di Sanur, Nusa Penida dan Lembongan yang sangat layak untuk segera dibangun dalam rangka membangun pertumbuhan pariwisata dan perekonomian masyarakat,” kata dia.

Sementara Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara mengapresiasi kunjungan Komisi V DPRD RI dan dari Kementerian Perhubungan RI. Melalui kunjungan ini nantinya diharapkan bisa  dilakukan perencanaan yang matang dalam memberikan langkah kedepan untuk menunjang kepariwisataan dan perekonomian masyarakat setempat.

Terlebih, lanjut Jaya Negara, Sanur menjadi destinasi pariwisata Kota Denpasar serta juga perlintasan penyeberangan menuju kawasan pariwisata Nusa Penida dan sekitarnya. Melalui perencanaan ini juga diharapkan mampu memberikan imbas positif dalam memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan.

 “Saya berharap dengan adanya pelabuhan Sanur nantinya dapat membantu perekonomian masyarakat yang berimbas pada kemanfaatan ekonomi masyarakat dan juga sektor pariwisat,” ujarnya.

Perwakilan  Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Kementerian  Perhubungan RI, Tohir mengatakan  bahwa rencana pengembangan pelabuhan nantinya dilakukan di tiga lokasi, yakni Sanur (Kota Denpasar), Lembongan dan di Sampalan Nusa Penida (Kabupaten Klungkung).

Dalam menghubungkan lokasi ini terdapat fasilitas yang harus dipenuhi bagi para wisatawan. Dalam study review untuk pemerintah Daerah terdapat jumlah kapal yang bersandar  rata-rata perbulan 400-500 Kapal, dengan jumlah penumpang mencapai 50 ribu orang. (tra)