Kepada Jokowi, Megawati Minta PDIP Dapat Jatah Menteri Paling Banyak

Megawati pada pembukaan Kongres ke V PDIP di Sanur, Denpasar, Bali. (foto : CNN Indonesia)

Beritabalionline.com – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara blak-blakan meminta jatah menteri dalam kabinet Joko Widodo (Jokowi-Ma’ruf Amin) terbanyak. Hal itu ia ungkap saat pidato politik Kongres V PDIP di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019).

“Ini dalam kongres partai Pak Presiden saya minta dengan hormat PDIP akan masuk dalam kabinet dengan jumlah menteri yang terbanyak,” tegas Mega yang disambut riuh peserta kongres.

“Enak aja empat. Orang yang enggak dapet (jatah) aja minta,” sindir Mega yang menambah riuh suasana Ballroom Hotel Inna Garuda Sanur, Bali.

Minta jatah secara terang-terangan yang dilakukan Mega awalnya ketika ia menyinggung sempat ditawari jatah menteri untuk PDIP sebanyak 4 kursi. Tawaran itu pun ia tolak mentah-mentah.

“Jangan Ibu Meg karena sudah menang ada wakil saya kasih cuma empat. Eeeeeeh emoh (tak mau),” kata Mega sembari mengibaskan tangan menandakan penolakan.

 

Susah Ketemu Jokowi

Pada bagian pidatonya, Megawati juga mengaku kesulitan untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Padahal, kata dia, banyak orang menilai dia sudah seperti kakak perempuan Jokowi.

“Sampai hari sudah banget loh ketemu Pak Jokowi,” ujar Mega.

“Waduh payah nih. Orang Jakarta bilang saya ini mpoknya,” tambah Mega disambut tawa peserta.

Sambil guyon, Mega mengaku heran padahal dirinya turut berjasa mendudukan Jokowi sebagai presiden dua periode.

“Bayangkan, garuk garuk kepala deh. Jangan ketawa deh,” tandasnya sambil tersenyum. (itn)