Bentangkan Bendera Merah Putih 1945 Meter di Jatiluwih Raih Rekor MURI

Aksi membentangkan Bendera Putih Sepanjang 1945 meter di Jatiluwih yang dikomando Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, serangkatan Peringatan HUT RI ke-74.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Serangkaian HUT RI ke-74, ribuan personil gabungan Polri dan TNI membentangkan bendera sepanjang 1945 meter dan lebar 1,5 meter di sepanjang jalur tracking obyek wisata Jatiluwih serta ratusan bendera merah putih di areal persawahan untuk meningjkatkan rasa cinta bangsa dan tanah air, Rabu (14/8/2019).

Aksi yang akhirnya tercatat sebagai rekor Dunia MURI ini dipimpin Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose di center point patung Dewi Sri. Bendera sepanjang 1945 meter tersebut dibentangkan seluruh personil POLRI seluruh Bali yang berjumlah 1.700 personil di seluruh jalur tracking obyek wisata Jatiluwih mengenakan saput poleng merah putih dan udeng merah putih.

Selain itu, juga dikibarkan ribuan bendera merah putih dengan tiang bambu runcing oleh personil POLRI dan TNI termasuk berbagai tokoh agama dan adat di Bali di areal pematang sawah. Juga nampak belasan gadis dengan mengenakan pakaian tradisional seluruh Indonesia ikut meramaikan kegiatan tersebut. Hentakan musik lagu Kebyar-kebyar karya musisi Gombloh menambah semangat para peserta di tengah terik matahari.

Para peserta juga ikut menyanyikan lagu tersebut bersama Kapolda, Wakapolda, para pejabat utama Polda Bali, Kapolres seluruh Bali serta seluruh peserta termasuk bhayangkari. Berbagai yel-yel dan lagu dinyanyikan dipimpin Kapolda termasuk lagi anti premanisme dan anti Narkoba. Kegiatan tersebut mencapai puncak sekitar pukul 11.30 WITA dan akhirnya meraih rekor MURI.

Usai acara, Kapolda Irjen Pol Petrus Reinhard Golose mengatakan kegiatan membentangkan ribuan meter bendera merah putih ini bukan sekadar mengejar rekor MURI. “Ini bentuk tanggungjawab kami menjaga keamanan dan sebagai garda terdepan menjaga keamanan Bali yang penuh toleransi sebagai teras depan Indonesia,” tegasnya.

Ditegaskan pula , aksi ini juga untuk tetap menjaga empat konsensus dasar bangsa Indonesia yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Pesan empat konsensus dasar bangsa ini harus terus disuarakan kepada seluruh bangsa Indonesia terutama generasi muda bangsa.

Hal in kata Kapolda, harus terus disuaarakan. Tidak boleh ada bendera lain selain Merah Putih. Tidak boleh ada dasar negara lain selain Pancasila. Tidak boleh ada sumber hukum selain UUD 1945. Tidak boleh yang mengganggu keberagaman yang ada dan tidak boleh ada bentuk negara lain selain NKRI. “Kalau ada yang berani coba-coba melawan, akan berhadapan dengan bangsa Indonesia bersinergi dengan TNI/Polri. Kita harus bangga jadi Bangsa Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Senior Manajer MURI Yusuf Madri menyatakan , aksi yang dilakukan ribuan anggota Polri dan TNI serta masyarakat ini tercatat sebagai rekor dunia MURI. Sampai saat ini belum ada aksi membentangkan bendera merah putih sepanjang ini di areal persawahan. Apalagi di areal subak Jatiluwih yang merupakan warisan budaya dunia sudah diakui UNESCO.

Menurutnya, tidak ada rekor seperti ini di dunia membentangkan bendera di areal persawahan, kalau di lokasi lain seperi gunung, laut, sungai dan jalan ada bahkan lebih panjang. “Bukan sekedar rekor, ini sebuah ritual, ucapan syukur atas kemakmuran yang diberikan Tuhan serangkaian Hut ke 74 RI. Belum pernah ada sebelumnya membentangkan bendera di areal persawahan, apalagi di subak yang sudah diakui UNESCO,” tandasnya.

Kegiatan membentangkan ribuan meter bendera merah putih ini juga menarik perhatian wisatawan asing yang berkunjung ke lokasi. Mereka ikut bergembira dan berfoto dengan latar belakang bendera dan patung bambu Dewi Sri.

Terlepas dari itu, kegiatan yang dihadiri istri kapolri Nyonya Tri Tito Karnavian juga menimbulkan kemacetan luar biasa di obyek wisata Jatiluwih. Mobil wisatawan tidak bisa masuk karena banyak mobil dan kendaraan parkir di pinggir jalan. Wisatawan harus turun dari mobil cukup jauh dari lokasi yang menjadi spot untuk foto maupun jalur tracking. Apalagi ketika rombongan istri Kapolri tiba di lokasi di depan restoran Gong Jatiluwih, kemacetan tak terhindarkan. (riz)

Total Page Visits: 7 - Today Page Visits: 1