Gerombolan Hiu Blacktip Serbu Tepian Pantai Nusa Dua, Bali

Ikan Hiu jenis Blacktip.

Beritabalionline.com – Munculnya puluhan kawanan hiu jenis Blacktip yang bergerombol di tepian pantai Pulau Peninsula, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, mengagetkan warga setempat dan sekaligus menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke tempat itu.

Melihat fenomena tersebut, beberapa wisatawan asing mencoba mengabadikan momen langka itu. Mereka memotret gerombolan hiu karang tersebut. Sebagian ada juga yang hanya berdiri menonton di darat melihat gerombolan hiu yang meliuk-liuk di dalam air laut tersebut.

Amang Raga selaku Volunteer Jakarta Animal Aid Network (JAAN) yang turun ke lokasi untuk memantau para hiu tersebut mengatakan, adanya gerombolan hiu tersebut biasa terjadi diantara bulan Juni dan September.

“Sebenarnya bukan fenomena, ini kejadian biasa dan alami. Biasa terjadi diantara bulan Juni sampai September. Dan ini bisa jadi parameter ada peningkatan ekosistem dan ini juga bertambanya sistem disekitar sini sudah mulai membaik,” jelas Amang, Jumat (23/8/2019).

Ditambahkan, untuk jenis Blacktip memang hidup di perairan dangkal atau disekitar terumbu karang yang mencapai 40 meter.

“Jenisnya Blacktip masih tergolong hiu karang. Jadi dia hiu dangkal sampai 40 meter hidupnya dan hiu ini sekitaran disini saja. Jadi kebetulan ini musim pakannya, mungkin dia naik atau bisa juga menjadi indikator bahwa (ada) perubahan arus dibawah tapi kemungkinan itu kecil,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan hiu Blacktip tidak berbahaya dan menurutnya tidak ada hiu yang berbahaya.

“Tidak ada hiu yang berbahaya justru kita yang membahayakan hiu-nya,” ungkapnya.

Amang juga memprediksi, bahwa para gerombolan hiu tersebut akan berkeliaran di sekitar Perairan Pulau Peninsula dari 3 hari hingga satu pekan kemudian mencari tempat lain. (agw)

 

Total Page Visits: 22 - Today Page Visits: 1