Usai Gelar Lomba MTF, Diskominfos Bali Kembali Gulirkan Roadshow Literasi Media

Kadis Kominfos Provinsi Bali Ir. I Nyoman Sujaya MT. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Provinsi Bali baru saja usai menggelar lomba teknologi informasi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali (Millenial Techno Fiesta) 2019”. Kegiatan tersebut diakhiri dengan ditetapkannya pemenang pada masing-masing kategori lomba.

Namun kegiatan tersebut tidak berhenti sampai disitu, kali ini Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali kembali menggelar Roadshow Literasi Media ke Kabupaten/Kota se-Bali.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Ir. I Nyoman Sujaya MT., menyampaikan bahwa Roadshow Literasi Media sejatinya sudah dimulai sejak awal tahun 2019, yaitu mulai dari Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Jembrana, dan Kabupaten Buleleng.

“Setelah diselingi dengan pelaksanaan Lomba Teknologi Informasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, roadshow Literasi Media akan dilanjutkan kembali ke Kabupaten Gianyar, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Bangli,” kata Nyoman Sujaya dalam siaran pers yang diterima beritabalionline.com, di Denpasar, Selasa (10/9/2019).

Nyoman Sujaya menjelaskan bahwa upaya-upaya untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi harus terus digalakkan. Sejatinya upaya literasi media yang sudah dilakukan sejak beberapa periode lalu menunjukan hasil yang positif, hal tersebut dapat dilihat dari rendahnya dampak berita-berita hoaks terhadap masyarakat di Provinsi Bali.

“Hingga saat ini masyarakat atau krama Bali tidak terlalu mudah dipengaruhi oleh informasi-informasi yang bertujuan untuk menimbulkan keresahan ditengah-tengah masyarakat,” terangnya.

Namun demikian lanjutnya, ancaman berita hoaks yang bertujuan untuk menciptakan keresahan ditengah-tengah masyarakat harus tetap diantisipasi sedini mungkin melalui upaya-upaya preemtif,  yaitu dengan memberikan pembinaan-pembinaan dan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat sehingga masyarakat mampu secara cerdas menghadapi kemajuan teknologi informasi terutama dalam menghadapi informasi negatif di media sosial yang marak belakangan ini.

Ditambahkan pula bahwa pelakasanaan Literasi Media ini melibatkan Cyber Crime Polda Bali, PWI Provinsi Bali, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Bali, Diskominfo Kabupaten/Kota se-Bali dan institusi terkait lainnya.

Diharapkan dengan dilaksanakan Roadshow Literasi Media ini dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan teknologi informasi secara produktif dan pada gilirannya akan meningkatkan peran serta masyarakat dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Provinsi Bali yang terangkum dalam visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru.

“Saya mengimbau kepada masyarakat supaya mendukung kegiatan Literasi Media ini sebagai bagian dari peran serta masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bali,” pinta Nyoman Sujaya. (agw)

Total Page Visits: 10 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *