Bangun Rasa Percaya Diri, TP PKK Gianyar Gelar Pelatihan Table Manner

Suasana pelatihan table manner yang diikuti PKK Kecamatan, Desa/kelurahan dan organisasi wanita di Gianyar, di ruang pertemuan Hotel Rumah Luwih Gianyar.(foto: yesi)

Beritabalionline.com =- TP. PKK kabupaten Gianyar kembali mengasah skill para anggota dengan mengadakan pelatihan table manner untuk anggota TP. PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan se-Kabupaten Gianyar dan organisasi wanita di Gianyar.

Pelatihan dibuka Asisten Administrsi Pemerintahan dan Kesra Setda Gianyar Wayan SuardanaM didampingi Ketua TP.PKK kab. Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, di ruang pertemuan Hotel Rumah Luwih Gianyar, Kamis (19/9/2019).

Kegiatan yang diprakarsai TP. PKK Gianyar melalui Pokja II bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan, terutama bagi anggota PKK maupun organisasi perempuan di Gianyar, bagaimana beretika di meja makan. Table manner sendiri menurut Ny. Adnyani Mahayastra adalah pelajaran mengenai tata krama atau etika pada saat kita melakukan jamuan makan resmi, mulai dari makanan pembuka sampai hidangan penutup.

Sebagai seorang istri, ibu-ibu sering ikut mendampingi suami dalam acara- acara penting. Dengan mengikuti pelatihan table manner ini, para peserta pelatihan tidak lagi merasa canggung atau grogi jika berada dalam jamuan makan yang resmi.

Menurut Ny. Adnyani Mahayastra, peserta dilatih oleh nara sumber Wayan Pantiyasa dan Gusti Made Suka Arnawa. Selama hampir 2 jam peserta diberikan materi tentang aturan etika yang digunakan pada saat makan, yang mana memberikan petunjuk-petunjuk yang benar dalam penggunaan alat makan.

Perbedaan budaya makan dapat membuat aturan tersebut berubah-ubah yang bertujuan menambah wawasan seseorang tentang dan etika budaya lain. Diawali dengan penjelasan tata cara makan dalam jamuan formal, mulai dari cara melipat serbet dimeja, cara menggunakan peralatan makan diatas meja hingga etika makan formal.

Tidak hanya sekedar teori para peserta pun langsung diajak mempraktekan teori tersebut dalam jamuan makan ala jamuan resmi yang terbagi menjadi beberapa tahapan, seperti makanan pembuka (appetizer) sup (soup), makanan utama (main course) dan makanan penutup (dessert).

“Dalam jamuan resmi semua ada aturannya, kita harus tahu bagaimana posisi/sikap kita duduk, cara mengambil makanan, cara menggunakan peralatan makan yang ada diatas meja hingga cara mengunyah makanan pun ada etikanya,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Sementara itu Asisten Administrasi dan Kesra Setdakab. Gianyar, Wayan Suardana menambahkan, pelatihan table manner sangat penting bagi seluruh anggota organisasi perempuan di Gianyar.

”Kita tidak hanya tahu sekedar makan saja, namun harus tahu etikanya kapan makan dalam suasana resmi , kapan kita makan dalam suasana santai,” jelas Suardana seraya menyatakan aprsiasinya atas program-program dari TP.PKK Gianyar yang menyentuh langsung ke masyarakat.(yes)