FERARI Gelar Sidang Terbuka Pengangkatan Advokat

Pengangkatan advokat oleh FERARI Bali. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – DPP Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) menggelar sidang terbuka pengangkatan advokat. Sementara pengambilan sumpah terhadap 18 advokat dari FERARI Bali ini akan berlangsung di Pengadilan Tinggi Denpasar.

“Kepada para advokat di Bali, kita berpesan untuk selalu menjalankan profesi dengan profesional religius,” ucap Ketua Umum DPP FERARI Prof. DR.(Yuris) DR (MP) H. Teguh Samudera, SH., MH.

“Profesional dalam makna harus menguasai ilmu hukumnya. Religius bermakna jangan lupa bahwa kita adalah manusia. Ada kekuasaan lebih tinggi, yaitu Tuhan Yang Maha Esa,” lanjutanya usai sidang pengangkatan advokat, Selasa (15/10/2019) di Denpasar.

Para advokat dari FERARI juga diharapkan untuk tidak melakukan kesalahan serta perbuatan tidak baik karena hukum karma akan menanti.

Ia juga merasa bangga karena di Bali tidak pernah ada gejolak. Masyarakat Bali dikatakan dapat dijadikan contoh oleh masyarakat di daerah lain di Indonesia karena di Bali menjunjung tinggi kedamaian.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan di FERARI Provinsi Bali ini, penegakan hukum di Indonesia akan bercermin dengan pemegang hukum di Bali karena selalu tenang, bagus dan tertib. Saya juga berharap FERARI Bali menjadi suri tauladan bagi advokat-advokat di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Ketua DPD FERARI Provinsi Bali I Made Ardana, SH, CIL, CPL mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan keanggotaan advokat FERARI Bali. Salah satu upaya yakni dengan melakukan pendidikan PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokat).

“DPD FERARI Bali akan melakukan pendaftaran PKPA pada tanggal 8 November ini. Setelah pendidikan sekaligus dilakukan ujian advokat. Kalau tidak ada halangan, kita berharap bulan Desember ada penyumpahan lagi,” jelasnya.

Saat ini yang disumpah ada 18 orang, sedangkan yang 15 orang belum bisa diambil sumpahnya dikarenakan tengah sibuk bahkan sebagian ada yang sedang di luar negeri.

“Harapan kita, bulan Desember nanti mereka yang tidak disumpah hari ini bisa ikut, jadi sekalian dengan anggota FERARI yang ikut PKPA pada bulan November ini,” tuturnya.

Dikatakan, hingga kini jumlah anggota FERARI Provinsi Bali sebanyak kurang lebih 80 orang, ditambah dengan 18 orang yang akan diambil sumpahnya di Pengadilan Tinggi Denpasar.

“Target kita tahun depan sekitar 200 orang. Kita tidak akan mungkin banyak-banyak, biar sedikit tapi kualitas pengacara di bawah naungan DPD FERARI lebih bagus,” tegasnya. (agw)