Mengenal Sosok Bintang Darmawati, Perempuan Bali Pertama Dipercaya Jadi Menteri PPPA

I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk I Gusti Ayu Bintang Darmawati Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Penunjukan itu diumumkan langsung Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin di tangga Istana Merdeka, pada Rabu (23/10/2019).

“Yang ke-32 Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Mulai peran perempuan dalam kewirausahaan dan kekerasan anak jadi wilayah beliau,” kata Jokowi.

Penunjukan I Gusti Ayu Bintang Darmawati menggantikan Yohana Yembise sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengejutkan. Sebab sampai H-1 nama istri mantan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga itu tidak masuk dalam radar calon menteri.

Dengan ditunjuknya Bintang Darmawati sebagai Menteri PPPA, maka ia menjadi perempuan Bali pertama menduduki posisi menteri.

Sebelum dipercaya menjadi Menteri PPPA, Bintang diketahui pernah menjabat sebagai penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM. Perempuan kelahiran Bali, 24 November 1968 ini juga tercatat sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Ketua Bidang II Penggeral PKK serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar OASE Kabinet Kerja.

Dia sempat menjabat sebagai Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMS) Bali periode 2015-2019. Serta menjadi salah satu dari delapan pejabat Eselon II Pemkot Denpasar dari hasil lelang dan dilantik sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Denpasar. (itn)