Jokowi akan Tanya Airlangga Soal Pertemuan Golkar di Kantor Menko Perekonomian

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Beritabalionline.com – Airlangga Hartarto menggelar pertemuan dengan anggota Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Golkar. Rapat itu dimulai pada pukul 17.30 hingga pukul 18.45 WIB di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Saat berbincang dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), wartawan sempat menanyakan perihal pertemuan politik yang digelar di kantor pemerintahan. Jokowi mencatat di bukunya.

“Sebentar, pelan-pelan dulu. Tanggal 29 Pak Airlangga gelar rapat dengan kader Golkar di kantor Kemenko Perekonomian,” kata Jokowi sambil mencatat.

“Bahas apa?” tanya Jokowi pada wartawan.

Wartawan menjawab pertemuan itu membahas soal Golkar. Namun Jokowi tak menjawab ketika disinggung soal pertemuan politik yang dilakukan di kantor pemerintahan. Sambil mencatat dalam bukunya, Jokowi berjanji akan mengklarifikasi ini ke Airlangga Hartarto.

“Saya cek dulu, saya cek dulu. Sebentar ya. Nanti saya cek ke Pak Airlangga,” tutup Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Airlangga mengatakan pertemuan yang dilakukan di kantornya itu untuk memberikan arahan kepada anggota muda baru Golkar yang baru saja terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga turut hadir memberi arahan.

“Ini, agenda lain. Agenda anggota dewan yang terhormat. Anak-anak muda ini kan baru masuk DPR ya tentu ada hal-hal yang perlu didiskusikan. Apalagi ada Wamendag,” ujarnya.

Saat disinggung mengenai agenda Airlangga sebagai Menteri Koordinator, dia hanya menjawab hanya memiliki agenda partai.

“Agenda Golkar mau?” guraunya kepada wartawan.

Sementara itu, Anggota Partai Golkar Dyah Roro Esti mengatakan, pertemuan itu sama sekali tidak membahas mengenai ekonomi negara. Namun khusus membahas mengenai AMPI dan acara yang akan diselenggarakan pada 8 hingga 10 November mendatang.

“Kita dari AMPI yang merupakan asosiasi pemuda dari Golkar, ingin bersilaturahmi dengan Pak Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar, sekaligus mengundang beliau untuk rapimnas AMPI, yang akan diadakan pada 8-10 Nov 2019 ini. Jadi hanya itu saja sih. Tidak membahas ekonomi,” jelasnya.

 

Penjelasan Kemenko Perekonomian

Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono, mengklarifikasi bahwa kunjungan sejumlah pengurus partai politik ke kantor Menko Airlangga Hartarto bukan untuk rapat. Kemarin sore, sejumlah pengurus Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Golkar datang ke Kantor Kemenko Perekonomian.

“Hanya silaturahmi dan menyampaikan undangan kepada Pak Airlangga, bukan rapat resmi partai. Tentu kita tak bisa melarang tamu datang, apalagi itu dilakukan di luar jam kerja, usai Pak Menko memimpin sejumlah rapat internal dengan jajaran Kemenko Perekonomian,” tegasnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (30/10).

Sebagai menteri yang juga menjabat Ketua Umum Partai Politik, memang Menko Airlangga Hartarto telah membuat garis pemisah yang tegas. Dia telah menegaskan bahwa tak boleh kepentingan nasional dan bangsa dinomorduakan, termasuk oleh kepentingan politik maupun golongan. “National Interest yang utama,” ujar Susiwijono menirukan ucapan Menko Airlangga, dilansir merdeka.com.