Tutup FSBJ 2019, Gubernur Koster Sebut Bali Kini Punya Dua Festival Seni Akbar

Gubernur Bali Wayan Koster.

Beritabalionoine.com – Festival Seni Bali Jani (FSBJ) 2019 yang pertama selesai digelar. Festival yang berlangsung selama dua minggu berlangsung sukses dan memuaskan semua pihak. Penutupan ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada penerima ‘Bali Jani Nugraha’ dan pemenang lomba.

FSBJ 2019 yang ditutup secara resmi oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster itu, diisi dengan pertunjukan musikal multiseni berjudul “Terjebak di Dunia Maya” serta peluncuran tema FSBJ 2020 di Panggung Ardha Candra, Taman Budaya Bali, Denpasar, Jumat (8/11/2019) malam.

Dalam sambutannya Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan kini Bali punya dua festival seni akbar, yaitu Pesta Kesenian Bali (PKB) untuk seni tradisi dan Festival Seni Bali Jani (FSBJ) untuk seni modern.

“Festival Seni Bali Jani merupakan wahana untuk menampilkan karya seni modern yang inovatif dan kreatif bagi para peminat generasi milenial sesuai perkembangan zaman,” kata Gubernur asal Desa Sembiran ini.

Menurutnya, hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Bali terhadap perkembangan seni modern yang meliputi teater, sastra, puisi, film, mural dan berbagai jenis seni modern lainnya. Ia berharap para seniman, kreator, para generasi muda bertalenta ke depan akan semakin termotivasi, tumbuh dan berkembang untuk berkreasi dengan berkualitas dalam memajukan seni budaya Bali menuju kesempurnaannya.

“Kita berharap Festival Seni Bali Jani akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan setiap tahun,” kata Gubernur. Menurutnya FSBJ 2020 akan diselenggarakan dengan lebih baik dan penyelenggaraannya akan dilaksanakan secara bertingkat yaitu dari tingkat kabupaten berlanjut ke tingkat provinsi sehingga pelaksanaannya menjadi lebih berkualitas.

“Untuk itu Pemerintah Provinsi Bali menyediakan anggaran untuk kabupaten/kota agar mengikuti Festival Seni Bali Jani tingkat Provinsi dengan masing-masing kabupaten/kota mendapat bantuan sebesar Rp500 juta,” kata Ketua DPD PDIP Provinsi Bali ini. Ia menambahkan akan ada parade oleh kabupaten/kota pada pelaksanaan FSBJ 2020.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Koster memberikan penghargaan kepada Pengabdi Seni Modern, Inovatif atau Kontemporer melalui Bali Jani Nugraha. Mereka yang menerima penghargaan adalah Pengabdi Bidang Teater Ida Bagus Anom Ranuara (76), Pengabdi Bidang Sastra I Made Adnyana “Ole” (51), Pengabdi Bidang Sastra I Gusti Putu Bawa Samar Gantang (70), Pengabdi Bidang Kritik Seni Rupa I Putu Wirata Dwikora (59), Pengabdi Bidang Kritik Film/Musik I Made Adnyana (48), Pengabdi Bidang Sastra Ida Ayu Oka Rusmini (52) dan Pengabdi Bidang Kritik Seni Pertunjukan I Kadek Suartaya (59).

Gubernur juga menyerahkan hadiah untuk para pemenang lomba yakni Juara I Baca Puisi Tingkat SD, I Putu Agus Suka Nugraha; Baca Puisi Tingkat SMP, Ida Bagus Gde Yonanda Surya Putra Manuaba; Baca Puisi Tingkat SMA/SMK, Ni Luh Yuliantari; Cerita Pendek Tingkat SMA/SMK, Jong Santiasa Putra; Cerita Pendek Tingkat Umum, Jong Santiasa Putra; Teater Modern Tingkat SMA/SMK/Mahasiswa, Teater Takhta; Design Fashion Art Tingkat Mahasiswa/Umum.

Berikutnya Lady Athalia; Film Pendek Tingkat Mahasiswa/Umum, Nirarta; Seni Instalasi Outdoor Tingkat Mahasiswa/Umum, I Gede Jaya Putra; Musikalisasi Puisi Tingkat Umum, SMA Santo Yoseph (Teater La Jose); Karikatur Tingkat Umum I Putu Nana Partha Wijaya; Stand Up Komedi Bali I Wayan Hendra Purnawan; dan Design Logo Tingkat Mahasiswa/Umum, I Wayan Nuriarta. (tra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *