Ngamuk Bawa Sajam, ODGJ Diamankan

I Gusti Ngurah Putera saat diamankan anggota Satpol PP Gianyar di Banjar Ambengan, Desa Peliatan, Ubud.(foto: yesiariska)

Beritabalionline.com – Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), I Gusti Ngurah Putera (51) diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten Gianyar di kawasan pariwisata Ubud, tepatnya di wilayah Banjar Ambengan, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, karena mengamuk sambil membawa senjata tajam (sajam) jenis pisau ke luar rumahnya.

Kontan ulah Ngurah Putera membuat masyarakat was-was. Atas laporan warga, pihak satpol PP langsung mengamankan Ngurah Putera, lanjut di bawa ke Rumah Sakit Jiwa di Bangli, baru-baru ini.

Salah satu anggota Satpol PP Gianyar, I Wayan Nasta menjelaskan, awalnya kejadian itu dilaporkan I Gusti Ngurah Rai Ariawan (48) yang merupakan adik Ngurah Putera, karena membuat resah keluarga dan masyarakat. Dia menghubungi petugas Satpol PP sekitar pukul 09.00.

“Yang bersangkutan (Gusti Ngurah Putera) membawa senjata tajam dan caluk, mengamuk di sekitar rumah sampai keluar rumahnya,” kata  pria yang dikenal dengan julukan pawang ODGJ.

Ia menambahkan, atas perbuatannya itu membuat pihak keluarga dan masyarakat sekitar merasa takut dan resah. Sedangkan saat petugas Satpol PP tiba di lokasi, Nasta pun membujuk agar senjata yang dibawa oleh Gusti Ngurah Putera dijatuhkan. Selanjutnya ia diajak ke Rumah Sakit Jiwa di Bangli untuk pemeriksaan.

“Dia mengamuk karena ada masalah di keluarga, sehingga kumat dan membawa senjata tersebut. Saat diamankan juga ia tidak melakukan perlawanan sama sekali. Selanjutnya pihak keluarga bersama anggota kami di Pol PP Gianyar mendampingi ke RSJ Bangli untuk penanganan lebih lanjut untuk penyembuhannya,” imbuh Nasta. (yaw)