Hari Juang TNI AD, Kodam Udayana Gelar Gowes dan Penanaman Bibit Mangrove

Peserta gowes dalam rangka Hari Juang TNI AD. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Serangkaian Hari Juang TNI AD, Kodam IX/Udayana menggelar gowes bike for Bali 2019. Tak kurang dari 300 pesepeda mengikuti gowes dengan jarak tempuh kurang lebih 72 kilometer ini.

“Kegiatan ini serempak dilaksanakan di seluruh jajaran Kodam di Indonesia. Saya sendiri membawa 70 orang dari Mabes TNI,” kata Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman usai memimpin gowes, Minggu (15/12/2019) di Pantai Mertasari Sanur, Denpasar.

Selama perjalanan terang Wakasad, medan yang ditempuh cukup menarik. Animo masyarakat Bali juga cukup bagus saat melihat rombongan peserta gowes melintas.

Ditambahkan, kegiatan gowes selain untuk berolahraga juga untuk menjaga kekompakan prajurit TNI.

“Sesuai dengan tema Hari Juang TNI AD 2019 yaitu TNI AD adalah kita. Kita artinya, sesama prajurit harus kompak, harus kuat. Kepada seluruh prajurit saya imbau untuk terus berolahraga, karena dengan olahraga kita kuat, kita sehat, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik,” paparnya.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto menerangkan, tidak hanya melakukan gowes, dalam perjalanan juga dibagikan bingkisan kepada petugas kebersihan di jalan.

“Sepanjang jalan kita menebar kasih sayang dengan memberikan bingkisan sekedar apresiasi kepada mereka penyapu jalanan yang kita juluki sebagai pejuang pariwisata Bali. Karena mereka Bali menjadi bersih, dan para wisatawan merasa nyaman berkunjung ke Bali,” terang Pangdam.

Ditambahkan, menjelang perayaan Natal, ia meminta kepada prajurit jajaran Kodam IX/Udayana untuk menjadi Sinterklas dalam artian ringan tangan membantu masyarakat.

“Kita ingin menjadi Sinterklas, jadi selama perjalanan kita berbagi kasih. Mudah-mudahan mereka juga memberikan kasih sayangnya kepada prajurit TNI AD khususnya prajurit Kodam IX/Udayana, sehingga kami dapat memberikan karya terbaik bagi bangsa,” tegas Pangdam.

Selain gowes, Kodam IX/Udayana juga menggelar beragam bakti sosial di antaranya khitanan massal serta menanam 2000 bibit pohon mangrove di Pantai Mertasari Sanur, Denpasar. (agw)