Sempat Lakukan Gugatan ke MP, Sukerena Minta Maaf ke DPD I Golkar Bali

Made Sukerena (dua dari kanan) saat bertemu pengurus Golkar Bali. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Mantan Ketua DPD II Partai Golkar Karangasem Made Sukerena mendatangi Sekretariat DPD I Partai Golkar Bali. Kedatangannya untuk meminta permohonan maaf kepada jajaran pengurus usai terjadi gugatan di Mahkamah Partai (MP) yang dilakukannya.

“Sejak awal melayangkan gugatan ke MP, apa pun yang menjadi hasil saya akan sowan ke DPD I. Terus terang secara pribadi, apapun yang akan menjadi hasilnya, saya anggap akan selesai dan sowan ke DPD I,” ucapnya, Minggu (29/12/2019) di Denpasar.

Selama ini dirinya mengaku tidak memiliki masalah pribadi ataupun permusuhan dengan pengurus, dan hanya sebatas miss komunikasi serta kurang koordinasi saja. Dengan kedatangannya tersebut, ia ingin menyatakan permohonan maaf atas apa yang terjadi belakangan ini.

“Permohonan maaf ini tidak ada tekanan dari pihak manapun, termasuk dari DPD I, justru atas dasar saran dari keluarga, murni masukan dari istri dan anak-anak saya,” kata Mantan Wakil Bupati Karangasem ini.

Sukerena lalu menyatakan, karena masalah sudah clear dan telah minta maaf secara terbuka, dirinya minta izin untuk mengambil formulir untuk maju dalam Pilkada di Kabupaten Karangasem. Namun ia menampik jika permohonan maafnya dikaitkan dengan syarat untuk mendapat rekomendasi dari Partai Golkar.

“Bukan berarti saya minta maaf ini ada urusannya dengan Pilkada Karangasem, bukan. Siapa pun yang dikeluarkan (rekomendasi) oleh Golkar, saya akan tetap dibarisan Golkar. Beliau (Ketua Plt Ketua DPD I Partai Golkar Bali Gde Sumarjaya Linggih) juga mempersilahkan, karena saya masih kader katanya,” jelas Sukerena.

Menurutnya, siapa pun nanti yang mendapat rekomendasi dari Partai Golkar, pihaknya siap mendukung dan memenangkan. Kendati demikian, ia meminta kepada Golkar agar bisa masuk dalam Tim Pemenangan.

“Permohonan saya bisa dimasukkan ke Tim. Kalau tidak masuk, bagaimana bisa tahu kerja saya,” tuturnya.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Bali I Nyoman Sugawa Korry mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik permohonan maaf dari Made Sukerena. Bahkan, ia menyebut bahwa apa yang dilakukan oleh Sukerena itu adalah “Kader Berisi”.

“Partai Golkar tidak rugi mengkader Pak Made Sukerena. Walaupun kita berbeda pendapat, kalau partai sudah ambil keputusan melalui jalur dan mekanisme, keputusan itulah yang kita junjung,” kata Sugawa Korry.

Golkar Bali juga menegaskan telah memaafkan seluruh kader yang sempat bersitegang selama ini, termasuk Ketua DPD II yang di Plt. Apa yang terjadi selama ini akan dijadikan pengalaman berharga.

“Soal keinginan Made Sukarena ingin masuk dalam Tim Pemenangan di Pilkada Karangasem, saya akan mengakomodir,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Anggota Pemenangan Pemilu Wilayah Bali DPP Partai Golkar Dewa Widiasa Nida yang ikut hadir di Sekretariat DPD I Partai Golkar Bali akan menyampaikan ke DPP.

“Saya sebagai pengurus DPP, apa pun nanti saya akan sampaikan niat baik dari Pak Made Sukerena,” kata Dewa Nida. (agw)