Ambil Tempelan Sabu, Tiga Pemuda Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara

Ketiga terdakwa saat hadir di persidangan PN Denpasar. (foto : SAR)

Beritabalionline.com – Tiga terdakwa kasus narkoba yang tinggal ditempat yang sama yaitu di Jalan Siligita, Gang Lulut Nomor 22, masing-masing Dwi Hermawan (27), Much. Yogi Irwansyah (26) dan Hadi Prayitno (25), Selasa (25/2/2020) diadili di Pengadilan Nenegeri (PN) Denpasar.

Sidang yang dipimpin oleh Hakim I Made Pasek itu masih mengagendakan pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Made Lovi Pusnawan. Dalam dakwaan yang dibacakan, ketiga terdakwa dijerat dengan Pasal yang sama dari UU Narkotika.

Yaitu Pasal 112 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) pada dakwaan kesatu atau Pasal 127 ayat (1) huruf a UU Narkotika pada dakwaan kedua. Atas jeratan pasal terebut, ketiga terdakwa terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Dalam dakwaan jaksa disebutkan, aksi nekat yang mengantarkan ketiga terdakwa asal Jawa Timur ini hingga ke meja hijau berawal dari pada saat terdakwa Dwi Hermawan (terdakwa I) pada tanggal 24 September 2019 sekira pukul 18.00 WIB ingin membeli sabu dalam kemasan dari David (DPO) seharga Rp300 ribu.

Setelah membayar, terdakwa I mendapat alamat tempat dimana sabu yang dipesan ditempel atau diletakkan. Selanjutnya terdakwa I lalu mendatangi Moch. Yogi Irwansyah (terdakwa II) dan Hadi Prayitno (terdakwa III) di tempat tinggalnya.

“Terdakwa I lalu meminta kepada terdakwa II dan III untuk mengambil tempelan sabu tersebut dan diiyakan oleh keduanya,” terang jaksa Kejari Denpasar itu dalam surat dakwaannya yang dibacakan di muka sidang.

Keduanya pun lalu berangkat dengan menggunakan sepeda motor untuk mengambil tempelan sabu di pinggir Gang  Dewi Sri Jalan Raya Pemogan, Denpasar Selatan. Sampai di lokasi, terdakwa II turun dari motor dan mengambil tempelan sabu.

Namun apes, setelah sabu berada dalam genggaman terdakwa II, keduanya ditangkap petugas polisi dari Polresta Denpasar. Kemudian polisi juga berhasil mengamankan terdakwa I. Setelah dilakukan penimbangan terhadap barang bukti (sabu) tersebut beratnya 0,22 gram. (sar)