Wisatawan Rusia Dilaporkan Hilang di Perairan Nusa Penida saat Mencari Ikan

Pencarian wisatawan Rusia yang hilang di Perairan Batu Abah, Nusa Penida. (foto : Ist)

Beritabalionline.com – Wisatawan asing asal Rusia bernama Aleksandr Che (39) dikabarkan hilang saat melakukan spearfishing (mencari ikan dengan cara terjun ke air memakai tombak) di Perairan Batu Abah, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

“Saat melakukan spearfishing, tali yang mengikatnya terputus. Wisatawan tersebut kemudian jatuh dan tak kunjung muncul ke permukaan,” terang Kepala Kantor Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar) Gede Darmada, Selasa (25/2/2020) di Denpasar.

WNA naas itu diketahui tinggal sementara di The Sunjaya Lembongan, Mushroom Bay Lane II, Jungutbatu, Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung.

Sebelumnya ia berangkat mencari ikan dengan menyewa boat, Senin (24/2/2020) sekitar pukul 11.00 WITA.

Gede Darmada menjelaskan, Basarnas Bali baru menerima laporan dari Nyoman Diasa, keponakan dari pemilik boat yang membawa tamu, Senin (24/2/2020) sekitar pukul 17.30 WITA.

“Usai menerima laporan, kita langsung gerakkan tim SAR dari unit siaga SAR Nusa Penida. Hari pertama operasi SAR menggunakan 1 unit rubber boat dengan melibatkan 4 personel Basarnas serta Balawista setempat untuk melakukan penyisiran,” jelasnya.

Selain upaya pencarian, tim rescue Basarnas Bali juga berkoordinasi dengan Kapolsek Nusa Penida, Polair Nusa Penida serta kapten boat.

“Sampai dengan saat ini operasi pencarian masih dilakukan karena Aleksandr Che masih belum bisa ditemukan,” kata Gede Darmada.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar mengerahkan 8 orang personel, PolAir Polda Bali 5 orang personel, Dit Samapta Polda Bali 3 orang personel, Lanal Denpasar 2 personel, Balawista Nusa Penida 3 orang personel serta Kelompok Wisata Ocean Dream untuk mencari korban. (agw)