Komisi XI DPR RI dan Pemkot Denpasar Dukung Sistem Pembayaran QRIS

Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wijaya/Ist.

Beritabalionline.com – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho Mengatakan bahwa Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wijaya yang telah mendukung Bank Indonesia untuk mendorong digitalisasi pembayaran dan mengamankan Bank Indonesia untuk terus mengdigitalisasi negara ini dari ekonomi digital di Indonesia.

”Jadi pak Agung Rai mengawal kami dan Astungkara BI terus mendorong digitalasi di Indonesia termasuk Bali,” ungkapnya ungkapnya saat ditemui di Gedung Dharma Negara Alaya, Kamis (27/02/2020).

I Gusti Ngurah Wijaya mengatakan, kini terdata jumlah Merchent yang sudah di-QRIS-kan di Bali sudah mencapai 66.000 dan sudah berhasil mencapai di peringkat ke 7 di Indonesia, dan Trisno mengharapkan agar hal ini terus miningkat.

Pihaknya juga menambahkan dikenalkannya QRIS kepada masyarakat merupakan bentuk rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia.

” Jangan sampai kita menerima sistem perbankan yang dikeluarkan dari luar negeri dan ini merupakan kemajuan dari sdm kita,” tambahnya.

“Hal ini juga mampu menyatukan kita dari sabang sampai merauke, sehingga digitalisasi ini memudahkan kita untuk melakukan transaksi keuangan dan memberikan kemudahan kita semua seperti tidak membawa begitu banyak uang maupun kartu, cukup dengan satu smartphone bisa digunakan untuk bertransaksi,” jelas Agung Rai.

Sementara itu Wali Kota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra, SE., yang tampil sebagai salah satu pembicara di Sosialisasi QRIS ini mengatakan bahwa Pemkot Denpasar telah sejak lama mencanangkan E-goverment dan telah menjalankan penerapan transaksi non tunai di Kota Denpasar.

“Tentu saja dengan penggunaan QRIS di tengah tengah masyarakat akan lebih mudah terdata dan menjamin keamanan bertransaksi sehingga lebih safety,” ucap Rai Mantra.

Ia kemudian mengajak masyarakat Kota Denpasar, khususnya merchant di kelompok usaha mikro menggunakan transaksi QRIS yang merupakan produk Indonesia asli.

“Dengan menggunakan QRIS dalam berbagai transaksi, selain sebagai upaya mencintai produk Indonesia, juga dari segi safety bertransaksi dapat menghindari niat-niat seseorang yang membayar dengan menggunakan uang palsu dan tindak kriminal lainnya,” demikian Rai Mantra. (tra)