Dua Warga Gianyar Positif Covid-19, Salah Satunya Balita

Ilustrasi.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Dua orang warga Gianyar yakni  seorang ibu dan balita berusia 2 tahun dinyatakan positif Covid-19. Kedua pasien asal Kecamatan Sukawati itu kini dirawat di RSUP Sanglah, Denpasar.

Informasi yang dikumpulkan menyebutkan balita ini awalnya rutin berobat ke rumah sakit di Jakarta. “Bayi ini awalnya menjalani pengobatan di Jakarta. Sering keluar masuk rumah sakit di Jakarta. Bolak-balik Jakarta-Gianyar,” ungkap salah seorang sumber. Bayi dan ibunya sempat dinyatakan berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP), hingga akhirnya dinyatakan positif.

Ketua Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Gianyar, I Made Wisnu Wijaya membenarkan jika terdapat dua warga positif.

Menurutnya, dua orang pasien ini sebelumnya sempat dirawat di salah satu UPT Kesmas dan akhirnya dirujuk dan kini tidak dirawat di Kabupaten Gianyar.

“Mereka memiliki riwayat sebagai ABK kapal pesiar. Memang sempat dirawat di Gianyar, tapi sudah dirujuk ke RSUP Sanglah,” terangnya, Selasa (31/3/2020).

Lanjutnya, sebelumnya dua pasien tersebut telah memasuki klaster dari ODP, PDP, dan terakhir dinyatakan postif. Saat ini kedua pasien tersebut dirawat di RSUP Sanglah Denpasar.

“Kedua pasien positif merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Beralamat di Kecamatan Sukawati dan Kecamatan Ubud,” jelasnya lagi.

Kapolres Gianyar, AKBP Dewa Made Adnyana, meminta masyarakat tidak panik. Namun masyarakat diharapkan mengikuti anjuran pemerintah untuk hidup bersih dan sehat, tidak berkumpul dalam jumlah yang banyak dan menjaga jarak minimal 2 meter.

Sementara itu, dari data resmi satgas Covid-19 Gianyar, hingga kini terdapat 576 Orang Dalam Pengawasan (ODP), 54 Orang Tanpa Gejala (OTG), 15 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 2 orang telah dinyatakan positif. (yes)