Kini 32 Provinsi di Indonesia Sudah Terinfeksi Covid-19

Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto.

Beritabalionline.com – Antivirus atau obat Corona alias Covid-19 sampai hari ini belum ditemukan. Sejumlah pihak dari dalam maupun luar negeri tengah mencari obat dari virus yang telah menewaskan puluhan ribuorang di seluruh dunia tersebut.

“Terus semua institusi peneliti ilmiah sedang mengembakan riset tentang virus ini. Kita maklumi ini virus baru sehingga terintegrasi di bawah WHO.Telah melaksanakan kegiatan secara terus menerus,” kata Jubir Pemerintah penanganan Corona, Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020).

“Kita masih belum mendapatkan satu pengobatan yang definitif yang menjadi standar dunia baik pengobatan, baik vaksin,” sambungnya.

Oleh karena itu, Yurianto meminta kepada masyarakat agar melakukan hidup sehat untuk memutus rantai penularannya.

“Oleh karena itu upaya yang dilakukan secara terus menerus terkoordinasi dan terpadu semua sistem bukan hanya menurunkan jumlah kematian pasien Covid-19, tapi juga menutus rantai penyebaran,” ujarnya.

Selain imbauan, pemerintah juga melakukan penelusuran terhadap kontak para pasien positif Corona. Sebanyak ratusan ribu rapid test telah terdistribusi ke dinas kesehatan provinsi untuk pengecekan awal virus Corona.

“475.200 kit untuk rapid test telah didistribusikan ke seluruh Dinkes provinsi, untuk digunakan sebagai screening awal di dalam kaitan penanganan untuk menemukan kasus positif di dalam rangka memutus rantai penularannya,” pungkasnya.

Sementara itu, soal jumlah di Indonesia yang terinfeksi Corona, Yurianto menjelaskan, terdapat penambahan 149 orang positif Covid-19. Jumlah per Rabu, 1 April 2020 menjadi 1.677 orang.

Jumlah mereka pun telah tersebar di sejumlah provinsi. Yurianto menyebut, sudah 32 provinsi di Indonesia mengonfirmasi di wilayahnya terdapat pasien positif Covid-19.

Adapun sebaran per provinsi adalah:

1. Aceh terdapat 5 pasien Covid-19.

2. Bali terdapat 25 pasien Covid-19 mengalami penambahan enam orang dari sebelumnya 19 orang. Ada dua orang terkonfirmasi meninggal karena virus ini.

3. Banten ada 152 pasien Covid-19. Mengalami penambahan 11 orang dari sebelumnya 141. Sementara jumlah yang meninggal mencapai 14 orang.

4. Bangka Belitung ada 2 pasien Covid-19 dengan satu orang meninggal dunia.

5. Bengkulu ada 1 pasien Covid-19 dan telah meninggal dunia.

6. DI Yogyakarta ada 28 pasien Covid-19, mengalami penambahan 5 orang dari sebelumnya hanya 23 orang. Sementara korban meninggal karena virus ini ada 2 orang.

7. DKI Jakarta menjadi provinsi paling banyak terdapat pasien Corona, yakni mencapai 808. Angka tersebut mengalami penambahan 62 orang dari hasil sebelumnya 746 orang. Jakarta pun menjadi provinsi dengan jumlah korban meninggal terbanyak, yaitu mencapai 85 orang.

8. Jambi ada orang positif Covid-19.

9. Jawa Barat menjadi provinsi kedua terbanyak memiliki pasien positif Covid-19. Ada 220 orang positif Covid-19 di Jawa Barat. Hal ini mengalami penambahan 21 orang dari sebelumnya 199 orang. Korban meninggal di Jawa Barat ada 21 orang.

10. Jawa Tengah ada 104 orang terinfeksi virus Corona. Angka tersebut mengalami lonjakan 11 orang dari sebelumnya 93 saja. Angka kematian di provinsi ini mencapai tujuh orang.

11. Jawa Timur sama seperti Jawa Tengah memiliki 104 positif Covid-19. Dengan penambahan 11 orang dari sebelumnya 93 saja. Namun angka kematian di Jawa Tengah sedikit lebih tinggi, yakni sembilan orang.

12. Kalimantan Barat ada 10 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Angka ini mengalami penambahan satu orang dari sebelumnya hanya sembilan orang saja. Sementara jumlah kematian di Kalimantan Barat ada dua orang.

13. Kalimantan Timur ada 21 pasien Corona, mengalami penambahan satu orang dengan angka kematian hanya satu orang saja.

14. Kalimantan Tengah ada sembilan pasien Covid-19.

15. Kalimantan Selatan ada delapan pasien positif Corona.

16. Kalimantan Utara ada dua positif Covid-19.

17. Kepulauan Riau ada tujuh pasien Covid-19 dan satu orang meninggal.

18. Nusa Tenggara Barat ada enam orang positif Covid-19 dengan peningkatan jumlah dua orang dari sebelumnya hanya empat orang.

19. Sumatera Selatan ada lima orang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan dua orang dinyatakan meninggal dunia.

20. Sumatera Barat ada delapan terkonfirmasi positif Covid-19.

21. Sulawesi Utara ada tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19. Ad penambahan satu orang dari sebelumnya hanya dua orang saja.

22. Sumatera Utara ada 22 orang positif Corona. Mengalami peningkatan dua orang dari hari sebelumnya yang hanya 20. Sudah ada tiga korban meninggal dunia.

23. Sulawesi Tenggara ada tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19.

24. Sulawesi Selatan ada 66 terkonfirmasi positif Corona. Angka tersebut mengalami lonjakan 15 orang dari sebelumnya hanya 51 saja. Sudah ada lima orang dinyatakan meninggal karena virus ini.

25. Sulawesi Tengah ada dua orang dinyatakan positif Covid-19.

26. Lampung ada delapan orang dinyatakan terinfeksi virus Corona.

27. Riau ada tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19.

28. Maluku Utara ada satu orang terkonfirmasi positif Corona.

29. Maluku ada satu orang terinfeksi virus Corona.

30. Papua Barat ada dua orang dinyatakan positif Covid-19 dengan satu orang meninggal dunia.

31. Papua ada sepuluh orang terinfeksi virus Corona.

32. Sulawesi Barat ada satu orang terinfeksi virus Corona.

(tra/itn)