Satgas Covid-19 Temukan 4 Warga Positif Corona saat Sidak di Pelabuhan Gilimanuk

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jembrana melakukan sidak di area Pelabuhan Gilimanuk. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Empat orang dinyatakan positif Covid-19 saat dilakukan pengecekan menggunakan rapid test di kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana.

“Berdasarkan hasil rapid test ditemukan 4 orang positif Covid-19,” kata Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok, Sabtu (25/4/2020) di Jembrana.

Empat orang positif Covid-19 diketahui saat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jembrana melakukan inspeksi mendadak untuk mengecek kinerja dan kesiapsiagaan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 di area Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu (25/4/2020) dini hari.

Dandim 1617/Jembrana yang juga selaku Wakil Ketua II Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana menjelaskan, sidak dilaksanakan guna meninjau proses pemeriksaan lalu lintas setiap orang atau penumpang yang masuk ke Pulau Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui secara langsung kondisi serta segala kekurangan yang menjadi hambatan petugas Satgas Covid-19 dalam melaksanakan tugas di lapangan,” jelasnya.

Menurutnya, hasil sidak masih ditemukan kurang adanya koordinasi pihak ASDP dengan Syahbandar terkait dengan pemulangan terhadap orang yang ditemukan positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test.

“Masih kurang ketegasan dalam menangani antrean untuk melakukan pengecekan suhu tubuh, terlalu rapat atau tidak menjaga jarak (physical distancing) dan ditemukan pula penumpang yang tidak mengunakan masker,” papar Dandim. (agw)