Warga Luar Bali Antre Urus Surat Jalan Pulang Kampung di Polresta Denpasar

Warga antre mengurus surat jalan di Mapolresta Denpasar. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Polresta Denpasar ramai didatangi masyarakat yang hendak mengurus surat keterangan jalan agar bisa pulang ke daerah asalnya di luar Bali.

“Sejak dikeluarkan surat keputusan Gubernur Bali pada tanggal 1 Mei kemarin, sudah ada 100 lebih masyarakat yang mengurus surat keterangan pulang kampung,” kata Kabag Ops Polresta Denpasar Kompol I Nyoman Gatra, Senin (4/5/2020) di Mapolresta Denpasar.

Agar lebih cepat dalam proses pengeluaran surat serta menghindari penumpukan masyarakat, Polresta Denpasar memberikan kebijakan yakni satu surat bisa digunakan untuk 10 orang.

“Jadi salah satu perwakilan yang datang sudah membawa foto copy KTP atau identitas teman-temannya. Ini untuk mempermudah dan agar tidak banyak masyarakat menumpuk,” paparnya.

Ditambahkan, surat keterangan jalan diberikan khusus kepada warga masyarakat yang ber KTP luar Bali. Kendati demikian, masyarakat ber KTP Bali juga diperbolehkan meminta surat keterangan jalan.

“Kalau untuk masyarakat yang ber KTP Bali, harus jelas maksud dan tujuannya. Misal, dia pulang kampung karena orangtuanya atau keluarganya sakit, kita keluarkan surat,” bebernya.

Sebelumnya, berdasarkan surat keputusan Gubernur Bali, para pekerja asal luar Bali diperbolehkan pulang ke daerahnya masing-masing.

Keputusan ini kata Kabag Ops Polresta Denpasar merupakan solusi terbaik. Dikarenakan mereka yang hendak pulang ke kampungnya banyak yang dirumahkan, bahkan di PHK oleh perusahaan tempatnya bekerja.

“Kami menyadari apabila mereka dipaksakan masih tinggal di Bali, pertama mereka sudah tidak punya pekerjaan, kedua tidak punya tempat tinggal, ketiga tidak punya biaya untuk hidup, dan keempat bisa menimbulkan gangguan Kamtibmas, karena ini sudah menyangkut urusan perut,” paparnya. (agw)