Gempa Tektonik M-4,4 Guncang Sejumlah Wilayah di Bali

Pusat gempa bermagnitudo 4,4. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Aktivitas warga masyarakat Denpasar seketika berhenti saat gempa bumi terjadi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa yang berlangsung bermagnitudo 4,4.

“Pusat gempa terletak pada koordinat 8,23 LS dan 114,95 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 Km barat daya Buleleng pada kedalaman 10 km,” ujar Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan, Rabu (27/5/2020) di Denpasar.

Gunawan menerangkan, gempa yang terjadi pada pukul 11.52 Wita, tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar seririt.

“Berdasarkan analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme naik dengan kombinasi geser,” jelasnya.

Getaran gempa dirasakan masyarakat di wilayah Buleleng, Denpasar, Badung, dan Tabanan. Bahkan benda-benda ringan yang digantung terlihat goyang.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pesan Gunawan. (agw)