Baru Sehari Dikubur, Makam Perempuan di Banjar Abasan Dibongkar Orang Tak Dikenal

Lokasi pembongkaran makam oleh orang tak dikenal. (Foto : Istimewa)

Beritabalionline.com – Sebuah kuburan perempuan di Banjar Abasan, Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Kabupten Buleleng dibongkar oleh orang tak dikenal. Polisi yang mendapat laporan ini hingga kini masih menyelidiki kasus yang oleh warga setempat dianggap ganjil tersebut.

“Kasus ini masih dalam proses penyelidikan, belum diketahui siapa yang melakukannya,” kata Kasubag Humas Polres Buleleng Iptu Sumarjaya saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (28/5/2020). Pembongkarakan makam itu diketahui polisi setelah mendapat informasi dari seorang warga bernama Made Nosen, pada Kamis (28/5/2020) pagi.

Kronologinya, pada Rabu (27/5/2020) petang, saat itu seorang saksi bernama Made Karma sedang mencari buah sisa-sisa sajen di Pekuburan Desa Panji dan melihat kuburan anak dari saudaranya Made Nosen yang baru sehari sebelumnya di kubur terlihat gundukan tanahnya bekas dibongkar.

Diketahui anak Made Nosen adalah almarhum Dita Asriani yang meninggal dunia akibat Laka (Kecelakaan Lalu lintas) tunggal dan di kubur pada hari Rabu (27/5/2020).

Selanjutnya, saksi melihatnya lebih lanjut dan memang bekas dibongkar. Kemudian, saksi menyampaikan temuan itu kepada saudaranya Made Kosen yang merupakan pemilik kuburan itu. Kemudian, Made Nosen bersama keluarga lainnya mengecek ke kuburan dan ternyata memang terlihat bekas dibongkar.

“Dari kejadian tersebut tidak ada barang yang diambil oleh pelaku mengingat dari orang tua almarhum menyatakan tidak ada barang yang berharga yang dibekali anaknya,” imbuh Sumarjaya.

Selain itu, setelah dilakukan penggalian kembali oleh pihak keluarga diketahui mayat almarhum masih dalam keadaan utuh. Namun, di sekitar TKP pihak kepolisian mengamankan barang yang tertinggal yaitu cangkul.

“Ada orang lain yang diduga menggali kuburan, tetapi tidak terbongkar semuanya hanya bagian atas. Motif belum diketahui,” demikian Sumarjaya. (itn)