Polisi Gerebek Warung Penjual Lawar dan Sate Penyu Hijau

Barang bukti penyu yang ditemukan polisi. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Sebuah warung di Jalan Bukit Hijau II nomor 1, Banjar Mekar Sari, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung digerebek polisi lantaran menjual daging penyu.

“Berdasarkan keterangan ahli dari BKSDA, bahwa satwa tersebut merupakan satwa jenis penyu hijau yang dilindungi Undang-undang,” terang Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Syamsi, Jumat (26/6/2020) malam di Denpasar.

Terungkapnya kasus berawal dari informasi yang diperoleh polisi jika di warung milik I Wayan Kayun ini sering dilakukan transaksi jual beli daging penyu.

Personel Unit 1 Subdit IV Ditreskrimsus Polda Bali kemudian mendatangi warung dimaksud guna memastikan informasi, Rabu (24/6/2020) sekitar pukul 10.00 Wita.

“Di sana kemudian diketahui warung tersebut menjual olahan makanan berupa lawar dan sate dengan memakai daging penyu hijau. Di warung juga ditemukan beberapa bagian daging penyu hijau yang sudah dicincang,” beber Kabid Humas.

Guna pengembangan kasus, pelaku dibawa ke rumahnya. Di rumah pelaku, ditemukan 1 ekor penyu hijau yang sudah dipotong, 12 kampil potongan daging penyu yang disimpan di freezer, serta 12 ekor penyu hidup.

“Selanjutnya dilakukan koordinasi dengan BKSDA untuk penitipan penyu yang masih hidup,” kata Kombes Syamsi. (agw)