Bupati Tabanan akan Bagi Ramuan Herbal Untuk Pedagang

Kemasan teh, jamu, dan madu yang akan dijadikan paket penjaga stamina oleh Pemkab Tabanan.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Tabanan akan membagikan paket penjaga stamina yang terdiri dari ramuan tradisional herbal ala Tabanan secara gratis kepada ribuan pedagang yang ada di sejumlah pasar di Tabanan. Total akan ada 3.600 paket penjaga stamina herbal yang akan dibagikan secara bertahap.

Kepala Bapelitbang Tabanan, Ida Bagus Wiratmaja menyampaikan bahwa paket penjaga stamina tersebut terdiri dari ramuan herbal ala Tabanan yang dikemas untuk menstimulasi masyarakat agar mulai minum jamu untuk penguatan imun tubuh seperti madu dalam kemasan kecil serta beberapa ramuan-ramuan tradisional herbal yang ada di Tabanan. “Kebutuhannya sekitar 3.600 pedagang, tapi paket ini akan dibagikan secara bertahap,” tegasnya Minggu (28/6/2020).

Ditambahkannya, paket penjaga stamina ini akan disiapkan oleh Perusahaan Daerah Dharma Santika (PDDS) dengan menggunakan dana dari Dompet Peduli yang merupakan sumbangan dari berbagai pihak termasuk ASN di lingkungan Pemkab Tabanan. Adapun total dana yang terkumpul hingga saat ini adalah sekitar Rp 310 juta.

Sementara itu, Direktur Utama Perusahaan Daerah Dharma Santika (PDDS) I Putu Sugi Darmawan menjelaskan, paket penjaga stamina itu akan berisi Jamu Imunitas Urip Temu, Teh Jahe Merah, jamu, vitamin dan masker. “Rencananya untuk Teh Jahe Merah kami ambil di UMKM Padma Herbal, kemudian untuk Jamu Imunitas ada di UMKM daerah Pupuan, dan madu dari UMKM Madu yang ada di Kabupaten Tabanan,” paparnya.

Namun pihaknya masih akan melihat kebutuhan paket dari Pemkab Tabanan, sehingga baru bisa memastikan kapasitas produksi dari masing-masing UMKM. “Tapi untuk Padma Herbal sudah pasti bisa memenuhi kebutuhan karena kapasitas produksinya besar, izin dan sertifikasi produknya juga sudah lengkap,” imbuh Darmawan.

Untuk UMKM lainnya, akan dikaji kapasitas produksinya. “Kalaupun kapasitas UMKM lainnya terbatas, ya kami gotong royong saja dari UMKM jamu yang ada. Jadi bagi-bagi sesuai kapasitas mereka,” lanjutnya.

Ditambahkannya, produk UMKM yang akan dikemas menjadi paket penjaga stamina ini juga termasuk produk unggulan, seperti halnya Padma Herbal yang pemasaran sudah dilakukan ke seluruh Bali, bahkan nasional. Sedangkan UMKM lainnya, masih lokal Tabanan. Selain Padma Herbal, ada banyak UMKM yang memproduksi jamu siap konsumsi yang dikemas dalam botol.(tim)

Tinggalkan Balasan