Dokter Reisa Berbagi Tips untuk Olah Raga Lari dan Bersepeda di Ruang Publik

Dokter Reisa.

Beritabalionline.com – Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, seiring penerapan adaptasi kebiasaan baru atau new normal, olah raga bersama dan beberapa sarana umum pendukungnya sudah mulai dibuka.

“Silakan saja berolah raga di tempat umum,” kata dokter Reisa saat konferensi pers, Minggu (28/6/2020).

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dia membagikan tips olah raga di ruang publik. Pertama, berolah raga sebaiknya tanpa berpindah tempat atau olahraga dilakukan dengan posisi sejajar dan berjarak 2 meter dengan orang lain. Olah raga jalan kaki, usahakan berjarak 5 meter dengan orang lain.

“Sedangkan yang berlari sebaiknya berjarak kurang lebih 10 meter dengan orang di depannya,” jelas Dokter Reisa.

Dia pun juga menyampaikan ada pengaturan jarak bagi yang bersepeda. Olah raga bersepeda tengah menjadi favorit warga di tengah pandemi.

“Untuk yang bersepeda jaga jarak kurang lebih 20 meter di depannya,” ungkap Dokter Reisa.

Terakhir dia berpesan agar setelah berolah raga masyarakat hendaknya selalu membersihkan diri.

“Mandi, ganti pakaian, bersihkan seluruh alat olahraga dan barang bawaan kita. Seperti handphone, kaca mata, tas dan barang lainnya dengan cairan disinfektan,” ucapnya.

Dokter Reisa juga menyarankan orang-orang dengan risiko tinggi tertular Covid-19 agar berolahraga di rumah saja tanpa harus ke tempat pusat kebugaran yang memungkinkan bertemu dengan banyak orang.

“Olahraga risiko tinggi tertular Covid-19 yaitu olahraga di tempat umum secara berkelompok dan menggunakan alat secara gantian. Bagi orang yang punya penyakit diabetes, hipertensi, gangguan paru, gangguan ginjal, autoimun, sedang hamil hindari olahraga tipe ini,” kata Reisa.

Olahraga yang berisiko rendah tertular COVID-19 adalah olahraga di rumah secara sendiri atau dengan anggota keluarga dan menggunakan alat olahraga sendiri. “Utamakan olahraga jenis ini,” kata Reisa. (itn)

Tinggalkan Balasan