Jawab Kritikan, Satlantas Polresta Denpasar Tindak Turis yang Bandel

Petugas menindak turis asing karena berkendara tanpa helm. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kerap dicibir lantaran seolah enggan melakukan tindakan tegas kepada turis asing yang tidak mematuhi peraturan lalulintas direspon Satuan Lalulintas Polresta Denpasar.

“Itu tidak benar karena kami akan tindak siapa saja yang melakukan pelanggaran, termasuk juga turis asing,” terang Kasat Lantas Polresta Denpasar AKP Adi Sulistyo Utomo, Rabu (15/7/2020) di Denpasar.

Sebagai bukti, Satlantas Polresta Denpasar memberikan tindakan tegas terhadap orang asing pengguna jalan yang tidak disiplin melengkapai diri saat berkendara.

Turis bernama Karl Lucio Connor (50) asal Dublin, Irlandia ini kedapatan tidak mengenakan helm saat berboncengan dengan teman wanitanya di Jalan Teuku Umar, Denpasar, Rabu (15/7/2020) sekitar pukul 11.00 Wita.

“Dari indetitas, turis asing tersebut tinggal di daerah Umaalas Kerobokan. Saat itu yang bersangkutan mengendarai sepeda motor jenis matic dan tidak memakai helm,” jelasnya.

“Dia kami berikan surat tilang dengan menyita STNK kendaraannya sebagai barang bukti,” kata Kasat Lantas.

Tidak hanya di Jalan Teuku Umar, polisi juga melakukan tindakan kepada turis asing yang berkendara tanpa kelengkapan surat-surat di Jalan Sunset Road, Kuta, Badung.

Ditambahkan AKP Adi Sulistyo, di tengah era adaptasi baru ini pihaknya mengaku menerima instruksi dari pimpinan agar pelanggaran lalulintas yang mengakibatkan lakalantas dilakukan penilangan.

“Di mana lakalantas belakangan ini kian meningkat kebanyakan disebabkan oleh masyarakat maupun orang asing yang tidak disipilin dalam penggunaan helm maupun pelanggaran arus lalu lintas,” tegasnya. (agw)