Tiga Menteri akan Hadiri ‘Groundbreaking’ Pembangunan Pelabuhan Sampalan dan Bias Munjul

Pelabuhan Sampalan Nusa Penida. (FOTO : SastraDewa/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Tiga Menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu dijadwalkkan hadir dalam acara peletakan batu pertama atau groundbrealking pembangunan Pelabuhan Sampalan (Nusa Gede) dan Bias Munjul (Nusa Ceningan), Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, pada Senin (3/8/2020).

Ketiga menteri itu adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Selain tiga menteri, acara tersebut juga akan dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster dan Bupati Klungkung Nyoman Suwirta serta pejabat terkait di lingkungan Pemkab Klungkung serta aparat Muspica Nusa Penida.

Turut juga diundang tokoh masyarakat seperti Bendesa Adat Batununggul, Kelian Banjar Adat Sampalan, Ketua PHDI Kecamatan Nusa Penida, Majelis Alit Desa Pekraman Kecamatan Nusa Penida, serta para operator boat yang selama ini melayani jasa transportasi dari Pelabuhan Sampalan ke Pelabuhan Tribuana dan Banjarbias (Kusamba) serta Pelabuhan Sampalan-Sanur (Denpasar).

Bupati Suwirta yang ditemui disela-sela kegiatan peninjauan lokasi persiapan acara peletakan batu pertama tersebut di Pelabuhan Sampalan, Minggu (2/8/2020), mengatakan rencananya kedua pelabuhan tersebut dibangun dan selesai tahun ini.

Mengingat situasi pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran, rencana pembangunan kedua pelabuhan tersebut sempat diundur dan baru bisa dilakukan saat ini.

Pelabuhan Sampalan Nusa Penida. (FOTO : SastraDewa/Beritabalionline.com)

Dijelaskannya, pembangunan kedua pelabuhan tersebut nantinya menelan dana Rp190 miliar lebih, dengan pengerjaan secara sistem multiyear atau tahun anggaran 2020 dan tahun anggaran 2021.

“Untuk aset tanah dan perencanaan kami di kabupaten dengan dukungan penuh Gubernur Bali Wayan Koster dan dianggarkan pihak kementerian. Untuk dana pembangunan Pelabuhan Sampalan sebesar Rp86 miliar dan Pelabuhan Bias Munjul Rp105 miliar,” ujar pria asal Nusa Ceningan yang sudah dua periode menjabat Bupati Klungkung ini.

Suwirta menambahkan, apa yang dilakukan pemerintah dengan membangun dua dari tiga rencana pelabuhan segitiga emas ini adalah upaya terbaik. Karena itu pihaknya berharap dukungan masyarakat agar apa yang dilaksanakan dapat berjalan lancer sesuai rencana.
Sehingga dengan dibangunnya pelabuhan ini, lanjut Bupati Suwirta diharapkan mampu meningkatkan geliat ekonomi Kabupaten Klungkung khususnya di Nusa Penida.

“Dengan pelabuhan ini yang nantinya terintegrasi dengan pelabuhan lainnya diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di Kabupaten Klungkung dan Nusa Penida khususnya seiring dengan menggeliatnya sektor pariwisata di wilayah Nusa Penida belakangan ini,” demikian Bupati Suwirta. (sas)